14 Tips Untuk Menjadi Pro Player Free Fire

Free Fire merupakan salah satu game battle royale yang cukup menegangkan. Karena akan ada lebih dari 30 pemain berkompetisi di dalam satu map dan pada akhirnya kamu memang harus berhadapan dengan musuh dan tidak bisa menghindar karena Map Free Fire akan terus mengecil seiring dengan waktu.

Maka dari itu, dibutuhkan tips yang tepat untuk bisa menang ketika bermain game ini. Ada 14 tips bermain game free fire untuk menjadikan kamu menjadi pro player dan memenangkan pertandingan.

1. Pilih Perangkat yang Sesuai

Tips pertama untuk menjadi Pro Player Free Fire yaitu dengan memilih perangkat yang membuat kamu nyaman ketika bermain, baik itu menggunakan komputer, laptop, maupun handphone.

Misalnya jika kamu merupakan pemain yang terbiasa bermain game di laptop, maka akan lebih baik jika kamu menggunakan laptop untuk bermain free fire.

2. Atur Sensitivitas Layar

Tips selanjutnya yaitu sesuaikan HUD dengan kenyamanan kamu saat bermain. Aktifkan fire button di sisi kiri, posisikan tombol lompatan dan scope dengan benar karena kamu akan sering menggunakan ketika bermain.

Kemudian sesuaikan sensitivitas, ini sangat critical dan memberikan dampak yang besar pada gameplay. Dan perlu kamu ingat, pengaturan sensitivitas antara seorang pemain dengan pemain yang lain akan berbeda, tergantung kenyamanan masing-masing pemain.

Pengguna PC biasanya lebih suka pengaturan sensitivitas yang lebih rendah dan harus mempertimbangkan pengaturan dpi mouse. Sedangkan pengguna mobile biasanya lebih menyukai sensitivitas layar Hp yang sedikit lebih tinggi untuk kenyamanan bermain.
Pengguna mobile yang menggunakan “Precise On Scope” biasanya juga lebih suka sensitivitas sedikit lebih rendah daripada pengguna “default”. Dan ingat, pengaturan sensitivitas akan menurun sesuai dengan kualitas scope, 8X / AWM scope selalu diatur ke sensitivitas terendah.

3. Jangan Terlalu Fokus pada Cosmetic

Saat bermain free fire, kamu menggunakan beberapa barang untuk setiap karakter, seperti kaos, celana, dan topi. Item-item tersebut tidak memberikan keuntungan apapun dalam hal gameplay untuk karakter kamu.

Barang-barang kosmetik ini dijual dengan imbalan Diamond atau mata uang dalam game yang dapat kamu beli dengan uang sungguhan, tetapi tidak memberikan manfaat apapun selain hanya terlihat cool (keren).

4. Perhatikan Karakter yang Kamu Gunakan

Jika kosmetik tidak memberikan keuntungan apapun, berbeda dengan karakter yang memiliki berbagai keuntungan untuk para pemain. Ada beberapa karakter dalam game free fire, diantaranya:

  • Nikita – Reload submachine 4% lebih cepat.
  • Misha – 2% kecepatan mengemudi lebih cepat.
  • Ford – Kerusakan 4% lebih rendah saat berada di luar zona aman.
  • Andrew – Kehilangan daya tahan rompi 2% lebih sedikit.
  • Kelly – 1% peningkatan kecepatan sprint.
  • Olivia – Menghidupkan kembali pemain lain dengan +6 HP lebih banyak.

Kamu bisa membeli karakter-karakter ini menggunakan mata uang game, diamond (uang asli) yang bisa kamu dapatkan dengan cara top up diamond ff, atau dolar (kecuali untuk karakter “Misha”). Dan perlu juga diperhatikan, bahwa statistik setiap karakter ini terus meningkat selama kamu terus menaikkan level karakternya.
Misalnya, Andrew mulai dengan kehilangan daya tahan 2% lebih sedikit, dan bisa ditingkatkan statistik ini hingga 10%, dengan menaikkan level karakter kamu dan menyelesaikan pencapaian dalam game free fire.

5. Memakai Skin yang Mendukung Penambahan Rate of Fire

Salah satu bagian penting dalam game free fire yaitu skin. Jika kamu memiliki banyak skin, tak ada salahnya menggunakan skin yang dapat meningkatkan Rate of Fire.

Penambahan rate of fire akan memungkinkan kamu untuk menembak lebih tepat meskipun damage yang dihasilkan tidak terlalu besar.

6. Gunakan Senjata Melee

Senjata Melee sangat menguntungkan pemain ketika saat berlari menghindari tembakan musuh. Menggunakan senjata ini memungkinkan kecepatan kamu semakin meningkat dibandingkan menggunakan pistol atau senjata api.

7. Manfaatkan Granat

Kemudian jangan terlalu fokus dengan tembakan karena kamu bisa menggunakan granat sebagai senjata yang tidak kalah ampuh. Ledakan granat akan membuat musuh keluar dari tempat persembunyiannya sehingga kamu tahu kemana arah tembakan.

Melempar granat juga butuh strategi, tidak asal melempar saja. Pahami waktu dan lokasi yang tepat untuk pelemparan granat agar senjata kamu tidak terbuang sia-sia.

8. Gunakan Perangkat yang Tepat

Setiap perangkat yang kamu gunakan ketika bermain memiliki pengaruh besar ketika bermain. Kamu akan sulit memenangkan game jika tidak ada dukungan perangkat yang memadai.

Maka dari itu, pastikan agar perangkat yang kamu gunakan dalam kondisi baik. Sehingga mempermudah kamu untuk memenangkan pertandingan.

9. Memahami Role

Jika kamu bermain dalam sebuah tim atau squad, maka kamu harus memahami setiap role pertandingan. Ada 4 role yang biasa digunakan, yaitu Sniper, Marksman, Breacher, dan Support.

Tiap-tiap role memiliki peran dan fungsi masing-masing yang saling melengkapi. Sehingga kamu harus mampu menjalankan peran dan fungsi sesuai role. Pemilihan senjata tiap-tiap role juga harus diperhatikan.

10. Gunakan Kendaraan di Awal Game

Kendaraan bisa membuat kamu bergerak lebih cepat, baik untuk melarikan diri dari baku tembak atau mencoba mencapai lokasi tertentu.

Tetapi kendaraan harus digunakan hanya selama tahap awal permainan. Hal ini dikarenakan kendaraan yang bergerak sebenarnya adalah sebuah tanda yang bisa memberitahu orang lain mengenai keberadaan kamu.

Kenapa kendaraan hanya digunakan di awal game? Karena pada awal permainan, saat semua orang saling membunuh satu sama lain, lawan kamu bahkan tidak akan melihat ada target bergerak selain dari musuh yang sedang di hadapinya.

Namun, ketika hanya ada beberapa pemain yang tersisa, berada di dalam kendaraan hanyalah akan menarik perhatian dengan mudah. Gunakanlah kendaraan di awal untuk melarikan diri dari baku tembak dan biarkan pemain lain saling bunuh.

Nah setelah tersisa 10 pemain atau kurang, berhenti menggunakan kendaraan dan beralih ke gameplay “Sneakier”.

11. Perhatikan Serangan

Serangan pada game free fire ditandai dengan tanda merah yang muncul pada layar kamu untuk beberapa detik. Tanda merah tersebut artinya ada musuh di depan kamu dan jika kamu menarik pelatuk ketika layar berubah menjadi merah, artinya kamu telah menembak musuh tersebut. Ini berlaku untuk mode aim (yang dapat kamu aktifkan dengan menekan tombol kanan mouse) dan mode biasa.

Saat layar berubah menjadi merah , menarik pelatuk itu petunjuk visual bahwa kamu bisa mengenai musuh. Tetapi tidak menjamin bahwa kamu telah membunuhnya.

Misalnya headshot, tetapi tidak menjamin bahwa kamu telah memberikan damage ke lawan. Jika kamu kesulitan menembak musuh, waspadai petunjuk visual ini.

12. Jangan Sembarangan War

Berbicara mengenai tips “Sneaky”, kamu akan melihat bahwa pemain lain biasanya gagal melakukan cara ini. Ketika pertandingan dimulai, sudah dipastikan bahwa kamu akan diserang dalam waktu kurang dari 10 detik.

Pada tahap ini, biasanya pemain akan langsung melawan dan mengubah free fire menjadi sebuah arena pertarungan deathmatch. Namun sebenarnya, game battle royale bukan tentang siapa yang menarik pelatuknya lebih cepat, tapi mereka yang mampu tetap bertahan hidup selama mungkin dan bersiap untuk pertempuran “nyata” di akhir pertandingan.

Jadi di awal permainan, jauhi pemain lain selama mungkin dan membiarkan mereka saling bertempur. Lari ke gedung atau naik ke kendaraan dan menjauh dari medan pertempuran.

Kamu harus mengumpulkan looting dan mempersiapkan pertarungan akhir untuk menjadi seorang pemenang.

13. Terus Bergerak

Kamu akan melihat sebagian besar lawan akan tetap diam selama pertempuran, ini dikarenakan mereka bermain menggunakan perangkat mobile dan tidak mungkin untuk bergerak dan menembak pada saat yang sama pada perangkat ini.

Berbeda dengan pemain yang menggunakan PC untuk bermain, gunakan keyboard untuk bergerak selama pertempuran dan gunakan mouse untuk menembak.

Berputarlah di sekitar lawan dan selalu bergerak, ini akan mempermudah kamu membunuh mereka dengan mudah. Jika seseorang mulai menembak dan kamu tidak dapat melihat lokasi penembak, mulailah berlari dalam zig-zag hingga kamu menemukan sesuatu yang dapat digunakan sebagai pelindung.

Dan jika kamu memasuki pertempuran dengan lawan yang bisa kamu lihat, mulailah berputar di sekelilingnya. Selama kamu terus bergerak, pemain mobile tidak akan dapat memberikan damage ke kamu secara serius.

14. Terus Berlatih

Tips terakhir untuk menjadi pro player free fire yaitu terus berlatih untuk mendapatkan berbagai pengalaman. Skillmu akan sulit meningkat jika kamu malas berlatih. Kamu juga dapat mengamati permainan lawan yang performanya lebih baik agar bisa kamu pelajari.

Dengan terus berlatih, kamu juga akan mengetahui kesalahan-kesalahan yang perlu kamu hindari. Sehingga kamu juga bisa menemukan trik untuk memenangkan pertandingan.
Nah itulah 14 tips yang perlu kamu perhatikan untuk menjadi seorang seorang pro player ketika bermain free fire. Apakah kamu salah satu diantaranya? Sangat penting untuk kamu membaca artikel ini dan jangan lupa untuk terus berlatih ya.

Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
lisa

Mama muda yang hobinya curhat

Leave a Reply