5 Tips Menunaikan Ibadah Qurban [Dijamin Bisa]

 

BebasBayar – Setiap tahun umat Islam di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha. Perayaan yang mengandung nilai sosial ini menjadi motivasi bagi umat Islam yang mampu untuk menunaikan ibadah Qurban.

Bahkan tak sedikit pula orang yang penghasilannya pas-pasan tetap menyimpan niat yang kuat untuk menunaikan ibadah agung ini. Beragam cara dilakukan agar diperayaan Idul Adha nanti bisa menunaikan ibadah Qurban. Berikut apalah tips menunaikan ibadah Qurban ala BebasBayar.

Tips Menunaikan Ibadah Qurban

Mencicil Setiap Bulan

Cara menabung yang mudah ialah dengan mencicil setiap bulannya. Dengan strategi ini maka biaya ibadah qurban akan terasa lebih ringan. Anggap saja strategi mencicil sama seperti Anda melakukan cicilan rumah, motor, dan lainnya.

Sebelum memulainya, tetapkan terlebih dahulu nominal cicilan yang harus Anda disisihkan tiap bulannya. Besarnya cicilan bisa dihitung sesuai dengan kisaran harga hewan ternak di pasarangan. Anda juga bisa memprediksi harga hewan ternak (kambing dan sapi) di tahun berikutnya, selanjutnya dibagi menjadi 10-11 bulan.

Mengikuti Arisan Qurban

Cara kedua, Anda bisa mengikuti arisan qurban. Arisan Qurban terbilang cukup efektif dan sudah banyak yang mempraktikkannya. Anda bisa mengajak saudara, teman, bahkan tetangga sekitar untuk mengadakan arisan Qurban.

Namun sebelum Anda mengikuti arisan Quran, baiknya Anda perlu tahu cara pembayaran, jumlah arisan, jumlah peserta, jangka waktu arisan dan hal hal lainnya yang berkaitan dengan arisan tersebut. Sehingga Anda akan terhindar dari risiko penipuan yang kerap terjadi.

Buka Rekening Baru

Membuka rekening baru nilanya sama dengan mencicil tiap bulan. Hanya saja, Anda akan lebih mudah memonitoring pemasukan dan pengeluaran Anda. Selain tabungan Qurban Anda tidak tercampur dengan tabungan pribadi, tabungan Qurban Anda juga tidak akan tersentuh untuk kebutuhan sehari-hari.

Menabung dengan Emas

Anda juga bisa menabung biaya qurban dengan emas. Strategi ini bisa dilakukan bila Anda merasa kesulitan untuk menyisihkan sebagian pendapatan. Strategi menabung dengan emas juga terbilang stabil karena harga emas yang selalu terjaga dan cenderung naik.

Gunakan Jasa Pihak Ketiga

Bila Anda kesulitan menabung secara pribadi, bahkan takut bila tabungan digunakan sewaktu waktu. Silahkan gunakan jasa pihak ketiga untuk menabung biaya qurban. Cara ini cukup efektif digunakan apalagi bila Anda tidak disiplin dalam menabung. Saat ini cukup banyak lembaga khusus qurban yang bisa membantu Anda menabung untuk membeli hewan qurban.

Demikian 5 tips mudah menunaikan ibadah Qurban ala BebasBayar. Semoga bermanfaat dan mari tunaikan ibadah Qurban online progresif bersama Rumah Zakat.

Tinggalkan Komentar Disini..

About Author

Avatar
Mas Halfi

Leave a Reply