Usaha Kecil kecilan untuk Pemula

Usaha atau bisnis yang dimulai dengan modal kecil menjadi jenis usaha yang paling dicari oleh banyak orang. Kebanyakan dari mereka ingin membuka usaha kecil kecilan untuk pemula dengan modal kecil, karena memang kendalanya ada pada modal.

Pada zaman modern ini ada banyak peluang yang bisa Anda mafaatkan, untuk membuka usaha kecil kecilan atau usaha sampingan yang menguntungkan. Menariknya, usaha sampingan ini bisa Anda jalanan sembari tetap bekerja secara penuh waktu atau full time.

Jenis Usaha Kecil kecilan untuk Pemula

Jenis Usaha Kecil kecilan untuk Pemula

Berikut adalah jenis usaha kecil kecilan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk bagi anak muda yang memiliki kreativitas dan keinginan tinggi untuk memulai bisnis pertamanya:

1. Menyediakan Jasa Desain Grafis

Salah satu usaha kecil kecilan yang cocok untuk pemula adalah membuka usaha jasa desain grafis. Anda bisa menawarkan pekerjaan ini pada teman kantor atau orang-orang terdekat Anda. Misalnya desain grafis untuk logo, poster, interior dan sebagainya.

Jasa desain grafis ini biasanya tak butuh modal banyak, Anda hanya perlu koneksi internet dan keterampilan dalam membuat desain grafis. Hasil yang kreatif, inovatif dan selesai tepat waktu adalah kunci sukses dari bisnis pemula ini.

2. Bisnis Afiliasi BebasBayar

Meskipun bisa dibilang tanpa modal namun bisnis afiliasi bebasbayar ini mempunyai potensi yang sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, dengan bisnis bebasbayar Anda bisa mendapatkan berbagai hadiah menarik dengan cara mengumpulkan poin tiap kali Anda transaksi pembelian baik pulsa, tagihan BPJS, Listrik, PDAM dan lainnya

3. Sebagai Penerjemah

Bagi anak muda yang menguasai keahlian dalam berbahasa asing bisa membuka usaha kecil kecilan dengan menjadi penerjemah. Anda bisa menjadi seorang penerjemah pemula yang menerjemahkan beberapa dokumen, artikel, atau skripsi dalam bahasa asing.

Bisnis ini cukup menjanjikan, apalagi jika jumlah pelanggan Anda sudah semakin banyak. Ditambah dengan jumlah modal yang tak banyak hanya laptop dan koneksi internet, maka Anda sudah bisa membuka usaha ini.

4. Berjualan Pakaian Murah

Ada banyak pakaian harga murah dengan mengambil stoknya dari grosir pakaian murah. Biasanya pakaian impor berkualitas baik masih banyak yang dijual dengan harga murah.

Berjualan pakaian murah ini juga bisa menjadi bisnis di pedesaan yang pembelinya rata-rata kalangan menengah, yang masih menyerbu barang-barang murah. Anda bisa memilih model dan desain pakaian yang kekinian, tapi harganya sangat terjangkau.

5. Jual Beli Motor Bekas

Usaha kecil kecilan untuk pemula yang bisa Anda pilih dan coba lakukan adalah dengan jual beli motor bekas. Bisnis ini juga hanya perlu modal kecil misalnya dengan membeli motor second tahun lama, yang harganya tak lebih dari 5 juta rupiah.

Jika unit motor yang Anda miliki sudah banyak maka Anda bisa membuka dealer sendiri suatu hari nanti. Keuntungannya juga lumayan besar, apalagi jika Anda sudah memiliki pasar sendiri.

Jika Anda tak punya modal, Anda bisa menjadi makelar saja sehingga secara teknis Anda hanya memasarkan sambil mencari untung dari sana.

6. Berjualan Sarapan Pagi

Usaha kecil kecilan berikutnya yang tak membutuhkan modal besar adalah berjualan sarapan pagi, seperti misalnya nasi kuning atau bubur ayam. Anda bisa menggunakan halaman di depan rumah Anda untuk berjualan.

Menu makanan atau sarapannya bisa ditambah dengan kopi hitam panas, gorengan dan makanan kecil lainnya. Ada banyak orang yang tak sempat membuat sarapan sendiri di rumah, sehingga memilih untuk membeli saja.

Baca juga: Ini Jenis jenis usaha sampingan bagi pemula

7. Membuka Warung Kopi

Usaha yang tak kalah menjanjikannya adalah membuka warung kopi khusus di malam hari. Malam hari biasanya banyak orang yang baru pulang bekerja dan ingin santai sambil nongkrong dengan teman-teman, tapi dengan harga terjangkau.

Nongkrong dan ngopi di cafe biasanya membutuhkan biaya yang lebih besar, jadi banyak juga orang yang memilih warung kopi saja.

Pilihan yang sangat beragam pada jenis usaha kecil kecilan untuk pemula ini akan menjadi pemasukan yang menguntungkan bagi Anda.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Life is a first draft... with NO rewrite.

Leave a Reply