20 Usaha Kecil Menguntungkan bagi Pemula

Bagi seseorang yang baru akan menjalankan bisnis, terkadang memilih bidang bisnis menjadi tantangan tersendiri. Namun, jika ingin berpikir lebih jauh, sebenarnya banyak usaha kecil menguntungkan dan cocok dijalankan oleh pemula sekalipun.

Meskipun seorang pemula, namun Anda harus memiliki keterampilan khusus dalam bidang tersebut. Hal ini bertujuan agar bisnis yang Anda jalankan bisa berkembang dengan cepat dan produk yang dihasilkan bisa diterima oleh konsumen dengan baik.

Lantas apa saja usaha kecil menguntungkan yang bisa Anda jalankan? berikut daftar usaha yang bisa Anda jalankan menurut blog bebasbayar:

Ini 20 Usaha Kecil Menguntungkan Untuk Dijalankan

Ini 20 Usaha Kecil Menguntungkan Untuk Dijalankan

1. Usaha Gorengan

Menjual gorengan merupakan salah satu usaha modal kecil menguntungkan dan tidak membutuhkan banyak modal. Bisa dikatakan bisnis ini hanya membutuhkan modal berupa bahan baku gorengan, minyak, wajan, dan kompor.

Saat memulai bisnis ini, Anda tidak membutuhkan wajan dan kompor yang besar. Cukup kompor gas biasa dengan 2 tungku dan wajan berukuran sedang. Dengan peralatan tersebut, Anda sudah bisa memulai bisnis gorengan.

Bisnis ini juga bukan bisnis yang musiman. Hampir setiap waktu, orang Indonesia mengonsumsi gorengan mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Sebagai tambahan, Anda bisa menyajikan minuman di samping menjual gorengan.

2. Franchise

Usaha franchise atau waralaba saat ini cukup diminati banyak orang. Hal tersebut karena untuk memulai usaha franchise Anda tidak membutuhkan biaya lebih untuk membangun image bisnis karena bisnis franchise menggunakan image produk dari pemilik merek.

Pada umumnya, Anda perlu untuk membayar sejumlah uang untuk membeli izin penjualan suatu merek dagang. Dengan melakukan pembayaran tersebut, Anda akan memperoleh seperangkat alat bisnis. Anda hanya perlu menyediakan tempat dan tenaga penjualan.

Bisnis ini cukup menguntungkan terutama pada merek dagang yang sudah terkenal. Meskipun memiliki merek ternama, tapi Anda tetap harus menjalankan bisnis dengan bertanggung jawab. Bisa saja bisnis Anda sulit berkembang karena disebabkan manajemen bisnis yang kurang tepat.

3. Makanan Khas

Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki keunikan masing-masing, tidak terkecuali makanan daerah. JIka Anda terletak di daerah dengan jumlah wisatawan yang tinggi, maka bisnis ini cocok untuk dicoba.

Anda bisa menjual berbagai makanan khas dari daerah asal Anda dan memasarkannya melalui media sosial. Namun, Anda juga perlu menyediakan toko dalam bentuk fisik dengan tujuan agar wisatawan bisa datang dan memilih produk secara langsung.

Satu daerah bisa memiliki berbagai jenis makanan khas. Sebagai contoh adalah Yogyakarta yang memiliki gudeg, bakpia, hingga wedang ronde. Anda bisa mengulik sendiri keunikan dari daerah tersebut dan kreasikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

4. Angkringan

Angkringan adalah salah satu ciri khas daerah Yogyakarta. Pelaku bisnis angkringan biasanya menyediakan berbagai jenis minuman dan makanan mulai dari gorengan, nasi bungkus, hingga mi goreng.

Meskipun Anda tidak tinggal di Yogyakarta, tetapi Anda tetap bisa mengembangkan bisnis serupa. Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar karena hanya membutuhkan gerobak atau meja dan berbagai peralatan dapur yang sederhana.

Sistem penjualan bisa berupa penitipan. Anda sebagai pemilik angkringan akan menerima berbagai jenis makanan dan peran Anda hanya sebagai penyedia tempat penjualan. Keuntungan bisa diperoleh beberapa persen penjualan dan Anda tidak perlu menanggung kerugian jika tidak terjual.

5. Sayur Keliling

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda hanya memerlukan kendaraan yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa mengangkut sayur dalam jumlah yang banyak.

Biasanya, Anda hanya perlu bekerja pada pagi buta hingga siang hari. Untuk mendapatkan sayuran dengan harga yang rendah dan berkualitas, Anda perlu mencari pedagang di pasar yang tepat.

Dengan menyediakan sayuran berkualitas dan harga yang terjangkau, orang-orang akan lebih tertarik untuk membeli produk Anda. Selain sayuran, Anda juga bisa menjual makanan ringan untuk sarapan seperti kue pasar, onde-onde, nagasari, dan lemper.

6. Usaha Musiman

Salah satu hal yang dihindari oleh para pelaku bisnis adalah produk yang musiman. Hal ini karena pada musim tertentu, produk akan laku keras dan pada musim berikutnya produk akan sulit laku. Namun, menjalankan bisnis musiman tidak ada salahnya.

Sebagai contoh adalah tren makanan yang cepat berganti. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mendirikan bisnis dan mengganti bisnis Anda sesuai dengan tren yang sedang berkembang.

Misalnya donat mi yang sempat berkembang. Anda bisa menjual produk serupa dan memanfaatkan popularitas yang sedang naik. Setelah itu, muncul es kepal milo dan Anda bisa mengganti bisnis Anda menjadi penjual es kepal dengan tujuan mengikuti tren karena hal ini tidak menyalahi aturan.

7. Kerajinan Tangan

Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam menghasilkan kerajinan tangan, maka bisnis ini harus Anda coba. Berbagai produk yang Anda hasilkan bisa Anda jual ke berbagai daerah di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi.

Saat ini sudah banyak platform online shopping yang sangat membantu dalam memasarkan produk kerajinan. Selain itu, Anda juga bisa menghasilkan kerajinan tangan untuk cinderamata khas daerah tertentu.

Dengan demikian, selain mengasah keterampilan, Anda juga berkontribusi dalam melestarikan budaya daerah. Untuk mengembangkan bisnis ini, Anda bisa bekerja sama dengan ibu rumah tangga karena pada umumnya, kaum wanita lebih telaten dalam melakukan pekerjaan keterampilan.

8. Laundry

Bisnis laundry adalah salah satu usaha kecil kecilan yang cukup menguntungkan terlebih jika Anda hidup di daerah dengan populasi mahasiswa yang cukup banyak. Keberadaan mahasiswa atau karyawan kantoran seringkali diikuti dengan tingginya permintaan laundry.

Modal untuk memulai bisnis ini juga tidak terlalu banyak. Anda bisa menggunakan mesin cuci seperti yang biasa Anda gunakan. Untuk bisnis dalam skala kecil, Anda tidak terlalu membutuhkan mesin uap karena membutuhkan modal yang lebih besar dan tegangan listrik yang tinggi.

Dalam menjalankan bisnis laundry, perlu Anda perhatikan ketepatan waktu penyelesaian laundry dan kebersihan hasil. Selain itu, jangan sampai pakaian konsumen tercampur dengan konsumen lain. Hal tersebut akan membuat konsumen enggan menggunakan jasa laundry Anda lagi.

9. Pom Mini

Bagi Anda yang hidup di pedesaan dan jauh dari SPBU, maka bisnis ini layak dipertimbangkan. Pom mini merupakan mesin pompa bahan bakar eceran. Mesin ini memiliki tampilan yang mirip dengan mesin pompa pada SPBU.

Pom mini lebih diminati oleh seseorang karena dianggap lebih akurat dan lebih murah dibandingkan bahan bakar eceran dalam bentuk botol. Hal inilah yang menjadi potensi bisnis pom mini.

Modal awal yang diperlukan untuk bisnis ini tidak terlalu besar. Anda perlu mempertimbangkan kemudahan konsumen untuk mencapai tempat bisnis Anda. Jika rumah Anda terletak di pinggir jalan raya, tentu merupakan kemudahan tersendiri untuk bisa diakses konsumen.

10. Warung Kelontong

Membuat warung kelontong merupakan salah satu usaha kecil menguntungkan dan telah banyak dijalankan sejak lama. Anda dapat menyediakan kebutuhan sehari-hari bagi konsumen seperti peralatan dapur, sembako, hingga makanan ringan.

Anda akan mendapat keuntungan terlebih jika toko kelontong Anda terletak jauh dari toko-toko modern.  Hal itu akan membuat toko kelontong Anda menjadi satu-satunya pilihan bagi konsumen untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari.

Saat ini juga sudah banyak produsen minuman maupun es krim yang menyediakan penyewaan showcase secara gratis jika Anda akan menjual produk dari produsen tertentu.

Hadirnya produk tersebut merupakan daya tarik bagi konsumen karena bisa mendapatkan minuman dingin dan Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli kulkas.

11. Jasa Desain dan Printing

Bagi Anda yang memiliki minat dan keterampilan di bidang desain dan printing, bisnis ini bisa dilakukan. Mengembangkan bisnis digital printing berarti Anda akan membantu konsumen untuk mendapatkan berbagai produk printing seperti kartu nama, pin, lanyard, brosur, hingga mug.

Bisnis ini memiliki prospek tinggi apabila dijalankan di dekat kampus karena banyak mahasiswa membutuhkan jasa Anda. Terlebih mahasiswa memiliki banyak kegiatan kepanitiaan yang tentu memerlukan produk seperti lanyard, co-card, dan poster.

Anda dapat menambahkan bisnis printing konveksi atau yang dikenal dengan sablon konveksi. Bisnis ini dibutuhkan tidak hanya oleh mahasiswa tetapi juga karyawan kantor yang membutuhkan kaos seragam.

Anda bisa menggunakan media sosial untuk menawarkan bisnis Anda sehingga lebih mudah dikenali.

12. Pulsa

Bisnis pulsa adalah bisnis yang cocok bagi pemula dan tidak membutuhkan modal banyak. Namun, seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, Anda perlu memodifikasi bisnis pulsa dengan menyediakan layanan seperti jasa pengisian uang elektronik, paket data, dan pembayaran tagihan.

Layanan tambahan tersebut berguna agar konsumen bisa mendapatkan berbagai layanan dari satu tempat. Dengan demikian, bisnis Anda memiliki daya tarik yang lebih dibandingkan bisnis lain yang tidak menyediakan layanan yang sama.

13. Ternak Unggas

Memiliki hewan ternak sering diidentikan dengan tempat yang kotor dan tidak terlalu menguntungkan. Namun, tingkat permintaannya yang stabil menjadikan bisnis ini layak untuk dikembangkan. Selain itu, mayoritas ternak unggas seperti ayam kampung dan bebek tidak membutuhkan modal banyak.

Anda bisa memperoleh banyak hal dari bisnis unggas seperti daging dan telur sekaligus. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan sisa makanan sebagai pakan unggas sehingga Anda tidak mengeluarkan banyak biaya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi ternak. Seperti yang kita ketahui, budidaya ayam dan bebek terkadang menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, usahakan memiliki tempat yang luas dan jauh dari pemukiman penduduk.

14. Ternak Ikan

Selain unggas, Anda juga bisa mengembangkan ternak ikan di halaman rumah. Jenis ikan yang sering dibudidayakan di sekitar rumah seperti ikan nila, lele, patin, bawal, dan kakap. Ikan jenis ini adalah ikan konsumsi yang sangat mudah dibudidayakan.

Sama seperti unggas, ikan juga bisa diberi pakan berupa sisa makanan, sehingga lebih hemat biaya. Namun, Anda juga perlu memberikan pakan tambahan agar pertumbuhan ikan lebih optimal dan lebih sehat.

Jenis kolam yang bisa digunakan untuk usaha skala kecil adalah kolam terpal. Kolam jenis ini tidak membutuhkan banyak biaya dan mudah dibongkar jika sewaktu-waktu ingin beralih bisnis. Material terpal juga tahan lama meskipun dari segi harga lebih murah.

15. Pupuk Kompos

Bisnis pupuk kompos masih jarang dilakukan padahal jika ditekuni, bisnis ini bisa sangat menguntungkan. Pupuk kompos bisa dibuat dari bahan-bahan organik seperti daun-daun kering dan sisa sayuran.

Kompos juga tidak semuanya membutuhkan kotoran ternak atau menghasilkan bau tidak sedap. Oleh karena itu, produksi kompos bisa dilakukan dimana saja.

Proses pembuatan kompos memakan waktu yang cukup lama hingga satu bulan lebih. Dengan demikian, Anda harus memperhitungkan manajemen proses produksi agar kompos selalu tersedia.

16. Menjadi Penulis Blog

Sudah bukan rahasia lagi jika blog pribadi bisa menghasilkan uang. Bagi Anda yang hobi menulis, bisnis ini layak diperhitungkan karena dapat dilakukan dari rumah dan cukup mudah meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah topik blog yang harus tahan lama. Hal ini dimaksudkan agar topik yang Anda tulis masih relevan dengan kondisi beberapa tahun mendatang sehingga pembaca masih tertarik membaca tulisan Anda.

Anda juga harus mengetahui dasar-dasar SEO dengan tujuan agar blog yang dikelola bisa masuk pada halaman pertama mesin pencarian Google. Semakin atas blog Anda, maka semakin sering pembaca mengaksesnya. Dengan demikian, maka blog tersebut semakin mudah untuk dimonetisasi.

17. Online Shop

Seiring dengan perkembangan teknologi, bisnis saat ini bahkan tidak membutuhkan toko fisik. Anda bisa membuat online shop dengan memanfaatkan platform jual beli online dan media sosial.

Agar bisnis Anda semakin berkembang, Anda bisa memberikan promosi pada awal merintis bisnis dengan tujuan mengenalkan bisnis Anda ke konsumen.

Melalui strategi promosi yang baik, bisnis Anda dapat dengan mudah diakses oleh konsumen. Jika produk Anda berkualitas, bukan hal mustahil jika Anda pada akhirnya akan memiliki konsumen loyal meskipun bisnis Anda masih baru.

18. Dropshipping

Jika tidak memiliki modal yang banyak untuk membuat online shop, bisnis dropshipping bisa jadi solusinya.

Sebagai gambaran, bisnis online shop berarti Anda memiliki suatu produk dan bertugas menjualnya. Jika produk tidak terjual dan sudah rusak atau busuk, maka Anda akan menanggung kerugian tersebut.

Lain halnya dengan dropshipping. Anda hanya berperan sebagai pemasar produk melalui media sosial. Produk akan dikirim secara langsung dari produsen ke konsumen tanpa harus Anda beli terlebih dahulu.

Dengan demikian, risiko kerugian akan sangat kecil. Namun, perlu Anda ketahui bahwa keuntungan yang diperoleh juga tidak akan sebesar keuntungan pada online shop. Hal itu sejalan dengan risiko yang ditanggung karena semakin besar risiko maka keuntungan juga akan semakin besar.

19. Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi adalah salah satu jenis bisnis yang menawarkan suatu produk dan akan mendapatkan keuntungan dari hasil pembelian dari orang yang Anda tawari. Sekilas, bisnis afiliasi hampir sama dengan usaha dropshipping.

Bisnis ini bisa dijalankan terutama jika Anda memiliki banyak pengikut di media sosial atau mempunyai blog pribadi yang ramai. Pada blog pribadi, Anda bisa meletakkan banner yang akan mendatangkan uang setiap klik yang dihasilkan.

Banyak perusahaan penyedia afiliasi mulai dari URL Shortener dan produsen jasa. Oleh karena itu, bagi Anda yang mempunyai blog, Anda harus mencoba bisnis afiliasi ini.

20. Konveksi

Bisnis konveksi memang tidak semenarik bisnis kuliner karena konsumen tidak selalu membutuhkan produk konveksi. Namun, tidak ada salahnya mengembangkan bisnis ini dengan hal yang unik. Keunikan suatu produk konveksi akan membuat produk tersebut semakin dikenal dan semakin laris.

Salah satu produk konveksi adalah sprei dan selimut. Jika Anda memiliki kemampuan menjahit, bisnis ini akan semakin menguntungkan karena Anda bisa mendapatkan produk dengan harga yang murah dan menjualnya dengan harga yang sepadan dengan harga pasar.

Keunikan pada sprei dan selimut terletak pada motif dan kenyamanan bahan. Sedangkan untuk memasarkannya, Anda bisa menggunakan media sosial dan forum jual beli.

Meskipun masih pemula di dunia bisnis, namun Anda bisa memulainya dengan menjalankan usaha kecil yang menguntungkan seperti yang telah dijelakan dalam artikel ini. Saat menjalankan bisnis, tentu Anda akan menghadapi berbagai kegagalan, tetapi Anda bisa belajar banyak dari kegagalan tersebut agar tidak terulang lagi di kemudian hari.

Yuk segera buka usaha dengan modal kecil dan menguntungkan sekarang juga.

About Author

Ahmad Mujtahidin

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply