Ini Peluang Usaha Kecil yang Menjanjikan untuk Pemula

Mencapai kesuksesan dalam berbisnis harus melalui banyak proses. Bisnis akan bertahan lama jika didasari dengan visi dan misi yang jelas, serta dirintis mulai dari nol. Anda bisa memulainya dengan beberapa pilihan usaha kecil yang menjanjikan.

6 Ide Usaha Modal Kecil Yang Menjanjikan

6 Ide Usaha Modal Kecil Yang Menjanjikan

1. Jualan baju bekas

Salah satu usaha yang bermodal kecil tetapi mendapatkan untung besar adalah berjualan baju bekas. Usaha ini bisa Anda lakukan dengan membuka lapak offline maupun online. Meskipun baju bekas, kondisinya masih sangat layak dan ada beberapa yang bermerk.

Keuntungan dari bisnis baju bekas ini bisa mencapai 20x lipat. Baju-baju bekas yang dijual seringkali didapatkan dari luar negeri dengan harga paling murah 5000 rupiah per baju. Setelah dicuci bersih, baju tersebut bisa laku dengan harga 30 ribu hingga 100 ribu rupiah.

2. Membuka pesanan kue

Usaha kecil-kecilan yang bisa meraup keuntungan cukup besar adalah menerima pesanan kue. Bisnis ini bisa dilakukan di daerah perkampungan maupun kota. Aneka kue yang bisa Anda jual bisa berupa kue tradisional maupun kue kekinian.

Usaha pesanan kue ini termasuk usaha kecil yang menjanjikan karena banyaknya masyarakat yang lebih praktis ketika menyediakan makanan saat ada acara. Mereka lebih memilih pesan makanan dengan harga terjangkau dibandingkan ribet membuat sendiri.

3. Usaha pulsa elektrik dan kuota internet

Bagi Anda yang tinggal di kampung dan cukup terpelosok, Anda bisa membuka usaha jualan pulsa elektrik dan kuota internet. Usaha ini dijamin laris manis karena tetangga sekitar tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk membeli pulsa dan kuota.

Jika usaha ini ditekuni dan pengelolaan keuangan usaha dilakukan dengan benar, tidak menutup kemungkinan hasil yang didapatkan juga lumayan besar dan bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pastikan untuk memisahkan uang usaha dengan uang pribadi Anda.

Bisnis pulsa elektrik bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran hingga ibu rumah tangga. Biasanya keuntungan yang didapatkan sebesar 10% hingga 20% dari modal yang Anda keluarkan.

4. Toko kelontong

Meskipun terlihat sederhana, membuka toko kelontong ternyata bisa membuahkan hasil yang cukup besar. Anda hanya perlu mengelola usaha dengan manajemen yang baik, telaten, dan teliti. Untuk pemula, bisa mengawalinya dengan berjualan bahan makanan pokok seperti beras dan gula.

Modal awal untuk membuka toko kelontong sekitar 5 juta rupiah. Jika Anda belum bisa sewa atau membangun toko, Anda bisa berjualan di teras rumah atau ruang tamu. Membuka toko kelontong ini cukup menjanjikan karena modal cepat kembali.

5. Jasa cuci kendaraan

Peluang usaha yang menjanjikan untuk Anda yang tinggal di daerah pinggiran kota adalah menyediakan jasa cuci kendaraan, baik motor maupun mobil. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha jasa ini tidaklah mahal. Peralatannya pun sangat simpel, kecuali hidrolik.

Omset yang bisa dicapai dalam akhir bulan mulai dari jutaan hingga puluhan juta. Usaha ini bisa Anda buka di depan rumah atau daerah sekitar sehingga tidak perlu sewa tempat lagi. Penghasilan untuk jasa ini cukup lumayan. Tarif cuci motor sekitar 10 ribu, mobil sekitar.

Baca juga: Peluang usaha yang menjanjikan di kampung

6. Budidaya ikan lele

Peluang usaha baru yang menjanjikan dan bisa Anda coba kembangkan adalah budidaya ikan lele di terpal. Anda bisa memanfaatkan teras rumah untuk dijadikan kolam budidaya. Metode ini mulai banyak dicoba karena lebih simpel dan bisa dilakukan siapa saja.

Modal untuk memulai usaha kecil yang menjanjikan ini sangatlah mudah yakni Anda menyiapkan terbal, tali, papan, air bersih, bakteri baik dan ikan lele 3 kg. Masa penaburan bibit ikan dilakukan selama 3 minggu dan bisa dipanen pada minggu ke 4.

Suksesnya sebuah usaha ditentukan dari kecermatan melihat peluang dan ketekunan Anda dalam menjalankan bisnis. 6 contoh usaha kecil di atas bisa menjadi referensi Anda untuk meraup keuntungan besar meskipun hanya bermodal kecil.

About Author

Ahmad Mujtahidin

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply