Pilihan Usaha Sampingan Anak Kuliah yang Patut Dicoba

Sebagai seorang mahasiswa kegiatan utama tentu saja adalah menuntut ilmu hingga bisa menjadi sarjana. Tetapi ketika seorang mahasiswa memutuskan membuka usaha sampingan anak kuliah maka hal ini pun patut untuk diapresiasi.

Ketika memilih bisnis di usia muda ada banyak hal yang patut menjadi pertimbangan. Selain karena faktor waktu yang harus dibagi dengan jadwal perkuliahan, memilih jenis bisnis yang cocok juga harus dipertimbangkan.

Daftar Usaha Sampingan Anak Kuliah Populer

Daftar Usaha Sampingan Anak Kuliah Populer

1. Online Shop

Berjualan secara daring bukanlah hal baru. Cara menjual dengan mengandalkan internet ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Walau sudah lama namun nampaknya usaha berjualan online malah semakin diminati.

Selain waktu yang sangat fleksibel, berjualan secara online juga menghemat banyak biaya. Hal yang perlu Anda persiapkan adalah kuota internet dan juga memori ponsel yang cukup. Beberapa contoh barang yang bisa dijual di online shop seperti makanan, pakaian hingga barang-barang preloved.

Anda dapat mengandalkan grup di WhatsApp, Telegram atau lewat aplikasi marketplace yang bisa Anda pilih dari antara sekian banyak. Untuk pengiriman Anda bisa menawarkan jasa ekspedisi kepada para pembeli.

2. Les Privat Mapel dan Non Mapel

Bisnis yang satu ini sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan anak kuliah. Biasanya para mahasiswa akan membuka les privat mata pelajaran untuk anak sekolah. Mata pelajaran seperti matematika, fisika hingga bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang sering jadi pilihan.

Keterampilan di luar mata pelajaran pun bisa dijadikan sebagai materi les privat, seperti bermain gitar, piano hingga melukis. Bukan hanya untuk anak usia sekolah, les privat juga bisa membidik usia umum. Biasanya tarif untuk usia umum seperti ini malah lebih mahal dibandingkan anak usia sekolah.

Modal yang Anda perlukan tentu adalah keterampilan dan juga keahlian untuk naik sepeda motor. Hal ini dikarenakan untuk membuka les privat biasanya guru yang mendatangi kediaman murid. Namun ada pula yang sebaliknya walaupun ini tidak begitu banyak.

3. Jualan Makanan Kecil

Walaupun termasuk usaha sampingan, berjualan cemilan semacam ini bisa jadi sangat menguntungkan. Anda dapat membuat sendiri cemilan yang mudah, misalnya roti goreng atau stik keju.

Anda dapat membawa jajanan ini ke kampus dan menjualnya di saat jeda kuliah. Pemesanan bisa dilakukan lewat chat sehari sebelumnya. Hal ini untuk memudahkan pembuatan produk dan juga proses pengantaran.

Tantangan dari bisnis ini sebenarnya hanyalah masalah gengsi. Ada banyak orang yang malu menjalankan usaha ini karena dianggap hanya mengumpulkan uang receh. Padahal jika ditekuni, bisa jadi malah bisnis ini membawa kepada pengalaman-pengalaman baru.

4. Jasa Pengetikan dan Print

Sebagai anak kuliah tentu tugas adalah hal yang lumrah. Setiap dosen biasanya meminta ketikan yang rapi dan kemudian dijilid dan dikumpulkan di meja mereka. Walaupun ini hal lazim, namun mengerjakan tugas kuliah bisa sangat menantang, terlebih jika tidak memiliki komputer dan printer.

Memang ada pilihan untuk mendatangi rental pengetikan dan printer yang biasanya menjamur di sekitaran kampus, namun karena waktu yang padat, banyak orang yang enggan melakukannya. Peluang seperti inilah yang bisa ditangkap oleh para joki ketik dan print.

Modal untuk melakukan usaha ini hanyalah alat berupa komputer dan printer serta tentu saja niat. Anda harus bisa membagi waktu antara mengerjakan tugas Anda sendiri dan mengerjakan pengetikan dari orang lain.

5. Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar agak sedikit berbeda dengan les privat. Jika les privat biasanya mengarah pada individu atau kelompok kecil, bimbingan belajar lebih kepada kelompok besar. Selain itu bimbingan belajar juga lebih sistematis.

Pekerjaan sampingan ini membutuhkan rekanan untuk bisa dijalankan. Anda dapat mengajak teman satu angkatan atau kenalan untuk bisa menjalankan usaha ini. Biasanya keuntungan yang didapatkan dari bimbingan belajar adalah sekitar 20% dari tarif yang ditetapkan.

Tantangan menjalankan usaha sampingan anak kuliah semacam ini adalah manajemen. Anda harus bisa mempersiapkan modul pembelajaran serta mengawasi jalannya bimbingan sehingga peserta didik bisa merasakan manfaat bergabung di bimbingan belajar Anda.

6. Online Programmer Web dan Blogger

Dunia digital sedang berkembang pesat, hal ini membuat kerja programmer menjadi sangat penting. Keberadaan situs-situs untuk menunjang usaha begitu marak, dan untuk memelihara situs tersebut dibutuhkan keahlian para programmer yang handal.

Bagi Anda yang ahli dalam hal pemrograman seperti ini maka tidak ada salahnya menawarkan jasa Anda kepada orang lain. Anda bisa memasang iklan di beberapa platform pencarian kerja atau menawarkan secara mandiri kepada para pemilik bisnis besar.

Selain programmer, menjadi seorang blogger bisa menjadi pilihan yang menggiurkan. Walaupun keberadaan para video blogger atau vlogger sudah mulai marak, tapi blogger pun belum ditinggalkan. Anda dapat memilih beragam tema tulisan yang sesuai dengan kepribadian Anda.

7. Jual Beli Barang Bekas

Walaupun sudah menjadi barang bekas, namun peluang dari produk semacam ini di pasaran masih tergolong tinggi. Asalkan barang yang akan Anda tawarkan masih bagus, maka masih akan ada calon pembeli yang akan melirik produk tersebut.

Barang bekas seperti pakaian hingga aksesoris merupakan barang yang kerap dijadikan komoditas untuk garage sale. Jika dulu konsep berjualan barang preloved semacam ini hanya bisa dilakukan secara langsung, kini semuanya bisa dilakukan dengan cara online.

Di aplikasi berbelanja terdapat ruang untuk berjualan barang preloved. Anda tinggal pintar-pintar saja memoles barang bekas Anda sehingga lebih menarik dan siap untuk dipasarkan kembali. Biasanya Anda hanya memerlukan foto yang nantinya diunggah di media sosial.

8. Jasa Penerjemah Dokumen

Cara yang cukup aman untuk penerjemahan dokumen dengan harga terjangkau adalah dengan menyerahkannya pada anak kuliahan yang sudah terbiasa mengerjakan tugas semacam ini. Peluang semacam ini sering dijadikan usaha bagi mereka yang berkemampuan verbal lebih.

Jika Anda adalah anak kuliah yang bisa berbahasa asing, maka memanfaatkan keahlian Anda untuk mendatangkan rupiah adalah hal yang menyenangkan. Selain mendapatkan bayaran, Anda juga menjadi lebih terlatih dalam menggunakan bahasa asing yang Anda kuasai.

Atau jika Anda ingin dibayar dengan lebih mahal, maka Anda bisa bergabung dalam forum penerjemah resmi dan mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat penerjemah.

9. Jasa Desain Grafis

Mendesain bukanlah perkara yang mudah. Walaupun terlihat sepele, namun nyatanya tidak semua orang bisa melakukannya. Untuk bisa menciptakan gambar yang apik untuk desain poster, banner hingga slide presentasi, diperlukan keahlian.

Bagi Anda yang memiliki keterampilan desain grafis mumpuni, usaha menyediakan jasa pembuatan desain adalah sumber pemasukan yang dapat dipertimbangkan. Selain hanya mengerjakan desain saja, Anda dapat mengajak kerja sama pihak ketiga untuk mengembangkan bisnis.

Pemilik jasa sablon hingga printer digital bisa Anda ajak kerjasama. Desain unik dan lucu yang sedang kekinian bisa Anda tawarkan di akun media sosial Anda demi menarik pelanggan potensial. Selain itu jangan lupa untuk memberikan harga bersaing namun wajar.

10. Jasa Pembayaran Tagihan BebasBayar

Siapa sangka dengan membayar tagihan malah mendapatkan untung? Hanya dengan satu aplikasi maka Anda dapat mengakses lebih dari 1000 layanan. Anda dapat mengakses pembayaran tagihan listrik, PDAM hingga top up ke dompet digital dengan sangat mudah.

Selain mudah, keuntungan yang Anda dapatkan adalah dari cashback yang bisa diperoleh tiap kali transaksi. Selain itu Anda juga akan mendapatkan koin yang nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai barang mewah seperti motor hingga emas.

Aplikasi BebasBayar, seperti yang tercantum di dalam https://blog.bebasbayar.com/bisnis-online-bebasbayar ini sangatlah aman. Produk dari PT. Bimasakti Multi Sinergi ini juga sudah mendapatkan pengawasan dari OJK.

11. Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Anda dapat menciptakan peluang kerja dengan menawarkan jasa pemeliharaan hewan atau istilahnya adalah salon hewan keliling. Selain memandikan, Anda juga harus merawat bulu serta memotong kuku hewan peliharaan tersebut.

Pemilik hewan yang kerap memanggil jasa layanan semacam ini adalah pemilik hewan kucing maupun anjing. Namun tidak menutup kemungkinan juga hewan lain, tergantung dari layanan yang Anda sediakan.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa pembersihan kandang agar hewan peliharaan nyaman dan terjaga kesehatannya. Dengan memahami cara merawat hewan yang benar serta memberikan pelayanan yang terbaik, maka bisa jadi usaha sampingan rumahan bisa menjadi sumber pemasukan utama.

12. Jual Kaos Kustom

Mahasiswa terkenal dengan ide-ide kreatifnya. Salah satunya adalah dengan menciptakan kaos dengan rangkaian kata yang bisa dibuat secara kustom. Agar berbeda dengan usaha lain, Anda dapat membuat sistem pencetakan kaos tanpa minimal order.

Jadi pelanggan bisa membeli walaupun hanya satu kaos saja. Anda dapat menempatkan kata-kata motivasi maupun kata-kata lucu pada kaos tersebut. Semakin kreatif kalimat yang Anda gunakan, maka semakin banyak juga orang yang akan tertarik.

13. Reseller Buku Fiksi dan Non-Fiksi

Usaha semacam ini bisa dibilang tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Sebab yang perlu Anda lakukan hanyalah menjual produk buku dari penerbit. Biasanya keuntungan yang Anda akan dapatkan berupa potongan harga maupun komisi.

Anda bisa menghubungi pihak marketing penerbit tersebut untuk menanyakan perihal persyaratan untuk menjadi reseller produk mereka.

Modal yang Anda perlukan paling banyak adalah kuota internet untuk melakukan promosi. Selain itu, jika penerbit tidak menyediakan bahan untuk konten buku, Anda bisa membuatnya dengan hasil jepretan kamera Anda sendiri.

Baca juga: Ini Daftar Usaha sampingan di rumah

14. Anggota MLM

Walaupun sering dianggap sebelah mata, namun nyatanya tetap ada orang yang sukses dengan bisnis MLM. Asalkan jenis MLM yang akan Anda jalankan bukanlah yang menggunakan skema uang, maka Anda tidak akan kerepotan untuk mengejar poin.

Anda dapat memilih menjadi anggota MLM produk kecantikan hingga produk rumah tangga. Keuntungan yang didapat bukan hanya murni dari barang yang dijual, tetapi juga komisi jika berhasil tutup poin.

Modal untuk menjalankan bisnis semacam ini bukan hanya uang untuk mendaftar, tetapi juga kemampuan untuk menarik downline maupun pelanggan tetap.

Usaha sampingan anak kuliah di era milenial tidak bisa dipandang sebelah mata. Buktinya ada banyak pengusaha muda menjalankan bisnisnya ketika mereka sedang kuliah. Pemilihan jenis bisnis dan manajemen yang baik akan mengantarkan Anda menuju sukses bahkan sebelum lulus kuliah.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply