Usaha Sampingan di Rumah ini Menguntungkan

Memiliki usaha sampingan di rumah merupakan impian bagi sebagian besar orang. Selain untuk menambah pundi-pundi keuangan, usaha sampingan semacam ini juga bisa menjadi penyalur hobi yang terpendam.

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan, mulai dari yang bermodal besar hingga tanpa modal sama sekali. Mahasiswa hingga ibu rumah tangga bisa mencoba bisnis semacam ini, terutama yang minim resiko dan modal.

Jenis Usaha Sampingan di Rumah

Usaha Sampingan di Rumah

1. Jualan Pulsa Elektrik

Walaupun sekarang orang sudah bisa membeli pulsa sendiri di banyak aplikasi yang tersedia, namun pilihan menjadi penyedia pulsa elektrik masih saja ramai peminat. Salah satu alasannya adalah modal untuk usaha semacam ini tidak terlalu besar.

Selain itu, ada banyak vendor yang menyediakan beragam range deposit yang artinya bisa menyesuaikan dengan anggaran Anda. Kemudahan semacam ini cocok bagi Anda yang mencari bisnis dengan modal terjangkau.

Selain itu, modal lainnya adalah memiliki smartphone. Sepertinya ini juga syarat yang tidak terlalu sukar, mengingat di zaman sekarang ini hampir tidak ada orang yang tidak memiliki telepon pintar. Tidak perlu yang mahal, cukup ponsel yang bisa mengakses internet dan itu cukup.

2. Menjual Foto di Internet

Anda menyukai dunia fotografi dan gemar mengoleksi foto-foto? Jangan hanya jadikan koleksi foto Anda sebagai timbunan berkas saja. Anda dapat menghasilkan uang dari hasil jepretan kamera tersebut.

Caranya juga cukup mudah. Anda tinggal memilih foto terbaik yang Anda punya dan unggah melalui situs yang menyediakan ruang untuk berjualan foto. Nanti para pengunjung situs yang tertarik akan menghubungi Anda.

Karena pengunjung situs datang dari berbagai belahan dunia, maka Anda harus memiliki rekening global semacam PayPal untuk bisa bertransaksi. Besar komisi tergantung tiap situs, ada yang 15 hingga 20 persen tiap fotonya.

3. Jasa Desain Grafis

Berbahagialah Anda yang memiliki kelebihan dalam hal desain grafis, sebab tidak semua orang bisa dan terampil dalam persoalan ini. Padahal kemampuan desain grafis sangat dibutuhkan, terutama di era digital sekarang ini.  Jadi jika Anda mampu, kenapa tidak dikembangkan saja?

Ajang promosi dapat dilakukan melalui akun media sosial yang Anda miliki. Siapkan portofolio yang bisa menjadi pertimbangan bagi calon klien untuk bisa menggunakan jasa Anda. Selain lewat akun pribadi, Anda dapat memperoleh klien dengan menawarkan jasa lewat beberapa situs desain grafis.

Modal untuk usaha sampingan ini hanyalah keterampilan Anda dan juga perangkat untuk desain. Selain itu ketelatenan dan kesabaran juga diperlukan. Sebab kemungkinan Anda akan sering berhadapan dengan banyak revisi sesuai dengan permintaan klien.

4. Jadi Social Media Influencer

Di zaman serba digital ini, semua hal yang berbau jagad maya menjadi menarik. Transaksi jual-beli, promosi bahkan kencan pun bisa dilakukan secara online. Maka dari itu banyak orang pun mulai mencari uang dengan cara daring.

Ketika membutuhkan promosi untuk suatu barang, para produsen kini lebih memilih untuk menggunakan jasa para influence dibandingkan dengan memasang iklan pada media konvensional, seperti televisi.

Modal untuk usaha sampingan di rumah semacam ini hanyalah konten yang menarik serta follower di media sosial dengan nominal tertentu. Jika Anda seorang pegiat konten dan sudah memiliki ribuan follower, Anda bisa mencoba membuka kemungkinan untuk endorsement.

5. Bisnis Online BebasBayar

Salah satu bisnis online yang aman adalah dengan menggunakan aplikasi fintech yang bisa membantu membayar berbagai tagihan seperti listrik, PDAM, BPJS, pembelian Pulsa bahkan bisa juga untuk memesan tiket dan penginapan.

Seperti halnya bebasbayar, Aplikasi fintech semacam ini tentunya sangat aman dan tentunya sangat mudah untuk digunakan.

Selain itu, keamanan dari aplikasi ciptaan anak negeri ini juga sudah terjamin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Anda tinggal mengunduh aplikasinya dan memilih fitur menu yang Anda perlukan.

Jika Anda adalah pengguna baru, Anda dapat mengakses https://blog.bebasbayar.com/bisnis-online-bebasbayar, di sana ada informasi yang bisa Anda dapatkan demi kemudahan menjalankan bisnis ini.

kerja dari rumah dapat jutaan rupiah

Tombol Daftar Sekarang

6. Berjualan Makanan

Menurut penelitian, usaha yang tidak akan pernah surut adalah usaha makanan. Hal ini disebabkan semua orang pasti butuh makan. Jadi bisnis semacam ini akan terus ada sampai kapanpun. Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda coba, mulai dari cemilan hingga makanan utama.

Modal untuk bisnis makanan seperti ini juga bervariasi, intinya semua usaha bisa dijalankan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jika modal Anda terbatas, maka bisa mencoba untuk memasak dalam skala kecil atau dengan sistem Pre Order dulu.

Sistem seperti ini akan mengurangi resiko makanan olahan Anda belum mendapatkan pembelinya. Dengan sistem PO, Anda jadi lebih bisa menghitung dan mempersiapkan modal serta kebutuhan memasak lainnya. Atau Anda juga bisa memilih usaha makanan beku yang sekarang ini juga laris.

7. Jasa Laundry

Ketika ada masalah tercipta, yaitu tidak ada waktu mencuci, maka muncullah peluang usaha yaitu jasa mencuci pakaian. Peluang semacam ini menguntungkan karena hanya membutuhkan modal kecil.

Berbekal mesin cuci, pengering, sabun, pewangi serta setrika, Anda sudah dapat menjalankan bisnis ini. Keuntungan yang bisa diambil pun juga cukup menggiurkan. Biasanya para pelaku usaha semacam ini akan mengambil keuntungan sekitar 15%-25% dari tarif laundry tiap kilonya.

Jadi kira-kira tiap kilo Anda akan mendapatkan untung mulai dari 1000 rupiah. Memang terlihat kecil, tapi setiap kali datang, jarang ada pelanggan yang membawa hanya 1 kg cucian. Dengan demikian untung yang didapat relatif sangat menguntungkan.

8. Jasa Cuci Kendaraan

Di kampung maupun kota, Anda kan sangat lazim melihat tempat pencucian kendaraan seperti ini. Usaha ini hampir setiap hari laris, terlebih di masa musim penghujan. Banyak orang akan berbondong-bondong untuk mendatangi usaha Anda.

Biasanya modal yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha semacam ini adalah mulai dari dua juta rupiah. Itu belum termasuk uang sewa tempat, jika Anda tidak memiliki tempat pribadi. Sabun, busa, pengkilap bodi kendaraan dan beberapa alat lain wajib Anda sediakan.

Hal yang terpenting selain menyediakan modal adalah ketelitian Anda dalam menjalankan usaha. Banyak orang membuka usaha yang sama, namun jika teknik mencuci Anda benar dan tepat, maka pasti pelanggan akan lebih memilih datang kepada Anda.

9. Berjualan Produk di Marketplace

Usaha lain yang bisa Anda pertimbangakan sebagai usaha sampingan yang menguntungkan adalah menjual  produk di marketplace. Ada banyak aplikasi jual beli secara daring yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk Anda.

Produk yang bisa Anda jual pun bervariasi, makanan. baju, gawai bahkan jasa pun bisa Anda tawarkan. Syarat untuk bisa sukses di bisnis ini, selain banyaknya pelanggan, adalah kemampuan untuk menjadi penjual yang mumpuni.

Kecepatan menjawab pertanyaan calon konsumen, kualitas produk yang terjaga serta keamanan dalam bertransaksi akan menjadi nilai lebih yang akan membuat konsumen datang pada Anda. Pemilihan platform berjualan yang tepat juga akan mendukung keberhasilan Anda.

10. Jual Beli Motor Bekas

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membeli barang baru, beberapa orang memilih untuk membeli barang bekas yang masih layak pakai. Dengan demikian, pasar barang bekas atau second pun masih terbuka lebar.

Salah satu yang kerap dipilih untuk dijadikan usaha adalah jual beli motor bekas. Usaha semacam ini tidak beresiko asalkan Anda membeli motor dengan surat lengkap serta menjual sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Modal yang Anda perlukan ketika pertama kali membuka bisnis semacam ini adalah sekitar 5 jutaan. Untuk mendapatkan barang yang akan Anda jual kembali, Anda dapat menelusuri akun jual beli atau memperluas jaringan pertemanan dengan para makelar.

11. Jualan Fashion Preloved

Selain kendaraan bermotor, rupanya barang-barang fashion preloved atau bekas pun juga banyak diminati. Buktinya hampir di semua marketplace ada saja penjual yang menawarkan barang pribadi mereka yang sudah tidak terpakai lagi.

Ada juga barang yang baru namun ingin dijual lagi karena alasan tertentu. Modal yang Anda perlukan hampir tidak ada. Hanya saja memang Anda membutuhkan sedikit usaha untuk menampilkan barang yang akan Anda jual lewat foto yang menarik.

Jangan lupa juga sertakan semua keterangan misalnya bahan, ukuran hingga minus produk seperti lubang kecil dan lainnya. Karena barang preloved, biasanya para konsumen akan menawar barang yang Anda promosikan.

12. Jualan Skincare In Jar

Dengan maraknya drama korea yang menampilkan aktor dan aktris dengan kulit yang bening, banyak orang yang mulai mengikuti jejak mereka. Buktinya banyak produk perawatan kulit, terutama wajah, yang laris manis bak kacang goreng.

Untuk para pemula, rasanya akan berpikir beberapa kali untuk membeli. Bukan hanya karena harga, tetapi juga kemungkinan ketidakcocokan dengan produk. Inilah peluang yang bisa Anda gunakan. Anda dapat mencoba menjajakan produk skincare in jar.

Anda dapat mengemas kembali produk ke dalam wadah yang lebih kecil. Jangan lupa untuk selalu menyertakan tanggal kadaluarsa di produk re-package tersebut demi kenyamanan dan keamanan konsumen.

13. Agen Dropship

Berbisnis tanpa modal bukan lagi menjadi hal yang baru. Sekarang ini, Anda dapat menjual berbagai macam barang tanpa harus memiliki stok di rumah. Anda tinggal menghubungi pihak penjual dan menyampaikan bahwa pembelian akan dilakukan secara dropship.

Artinya, memang konsumen membeli secara langsung kepada Anda, tapi nanti pihak produsen yang akan mengemas dan mengirimkan produk tersebut kepada konsumen atas nama Anda. jadi Anda tinggal terima order dan meneruskannya ke produsen.

Modal untuk membuka usaha sampingan di rumah semacam ini tentu adalah ponsel pintar. Selain itu, Anda harus rajin mengecek ketersediaan stok agar tidak mendapat komplain dari pembeli karena kehabisan barang.

14. Beternak Ayam Kampung

Ada tiga macam teknik beternak ayam kampung yang bisa Anda pilih tergantung dari anggaran dan kemampuan SDM Anda. Cara pertama adalah metode umbaran. Dengan cara ini, Anda hanya perlu mengumbar anak ayam dan biarkan mereka mencari makan sendiri.

Cara kedua adalah dengan metode semi insentif. Cara ini hampir sama dengan metode umbaran, hanya saja Anda mengumbar anak ayam hanya khusus di pekarangan milik Anda. Sedangkan metode ketiga adalah metode intensif.

Metode ini memerlukan modal yang relatif besar, karena Anda harus menyiapkan kandang, pemeliharaan anak ayam hingga menjadi dewasa serta perawatan lainnya. Anda bisa memilih metode yang paling cocok dengan Anda.

15. Guru Privat Mata Pelajaran

Usaha sampingan di rumah yang mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan modal adalah menjadi guru privat untuk mata pelajaran. Anda bisa memilih yang sesuai dengan bidang yang Anda kuasai.

Mata pelajaran yang bisa ditawarkan bukan hanya sebatas matematika, bahasa, maupun fisika. Misalnya untuk anak TK, Anda bisa menawarkan untuk memberikan les membaca maupun berhitung. Kemampuan ini perlu ketika mereka akan dipersiapkan menuju SD.

Jika Anda memiliki ruangan ekstra di rumah, Anda dapat membuka tempat les dan mempersilakan anak didik yang datang ke tempat Anda. Namun jika Anda memiliki keterbatasan ruang, maka Anda dapat memilih untuk mendatangi rumah anak didik Anda sesuai hari yang sudah ditentukan.

16. Membuat Souvenir Pernikahan

Untuk menjalankan usaha, hal yang paling penting sebenarnya adalah kreativitas. Pasalnya hampir semua hal bisa dijadikan bisnis jika pintar melihat peluang. Salah satu usaha semacam itu adalah membuat cinderamata untuk acara pernikahan.

Agar bisa bersaing dengan usaha serupa, Anda dapat memberikan tawaran berupa cinderamata yang unik, yang berbeda dengan usaha lain. Selain itu, konsistensi adalah kunci untuk bisa sukses dalam bisnis apa saja.

Anda dapat menawarkan jasa ini lewat media yang Anda miliki, terutama media sosial. Bisa berupa membuat akun khusus jualan sampai melakukan promosi langsung kepada teman dan kerabat Anda.

17. Membuka Toko Kelontong

Ruangan ekstra di rumah maupun pekarangan Anda bisa disulap menjadi tempat usaha sampingan di rumah, yaitu toko kelontong. Anda dapat menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga mulai dari bahan makanan hingga peralatan kecantikan.

Modal yang dibutuhkan tentu relatif, tergantung dari seberapa lengkap Anda akan mempersiapkan toko Anda. Jika modal terbatas, Anda bisa memulai dari berjualan bahan makanan terlebih dahulu, yang pastinya lebih cepat terjual.

Perlengkapan yang Anda butuhkan untuk pertama kali adalah display kaca. Hal ini untuk memudahkan pembeli mencari barang yang mereka butuhkan. Perlengkapan lain bisa ditambahkan seiring berjalannya waktu.

Menjalankan usaha sampingan dari rumah memang menyenangkan. Waktu luang yang tersedia bisa dimanfaatkan sehingga menghasilkan rupiah yang tentunya bisa menjadi sumber penghasilan. Jika ditekuni, tidak menutup kemungkinan bisnis ini malah jadi sumber utama pendapatan Anda.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Life is a first draft... with NO rewrite.

Leave a Reply