Daftar Pilihan Usaha Sampingan Modal Kecil Untung Besar

Ada banyak tantangan ketika berbicara masalah finansial. Bagi sebagian orang, usaha sampingan modal kecil merupakan jawaban atas kesulitan dalam merencanakan keuangan. Dengan menjalankan bisnis dengan modal apa adanya diharapkan dapat meraih untung yang semestinya.

Namun sayangnya masih banyak yang memandang sebelah mata bisnis rintisan semacam ini. Padahal, walaupun bermodal kecil namun tidak jarang ada banyak bisnis yang akhirnya menghasilkan untung besar.

Pilihan Usaha Sampingan Modal Kecil

Pilihan Usaha Sampingan Modal Kecil

1. Jasa Penerjemahan

Memiliki kemampuan dalam berbahasa asing adalah modal yang sangat berharga. Bukan hanya karena Anda dapat berkomunikasi dengan orang luar dengan lebih fleksibel, kemampuan verbal semacam ini juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Selain bisa menjadi local guide untuk para turis asing, Anda juga dapat memberikan jasa penerjemahan untuk buku maupun dokumen penting. Anda dapat menawarkan jasa Anda ke penerbit, membuka iklan lowongan atau melobby kenalan yang akrab dengan dunia semacam ini.

Untuk menerjemahkan dokumen, per lembarnya bisa dihargai 25 ribu tiap lembarnya. Sedangkan untuk menjadi penerjemah secara langsung, terutama di acara penting, Anda bisa mendapatkan bayaran yang tentunya lebih dari itu.

2. Jasa Les Bahasa Asing

Selain anak sekolah, banyak juga orang umum yang membutuhkan kemampuan berbahasa, sehingga memilih jalur privat untuk belajar. Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang ini, Anda dapat mempromosikan kemampuan tersebut.

Tarif untuk les semacam ini tentu bervariasi. Ada yang mematok harga setiap kali pertemuan, ada pula yang memasang untuk tarif per bulan atau satu paket sekaligus. Anda bebas menerapkan tarif, semua tergantung dari metode serta target pasar yang akan Anda bidik.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa memberikan les secara daring. Peluang semacam ini terbuka lebar, terutama di saat sedang terjadi pandemi. Semua orang menghindari tatap muka langsung namun masih membutuhkan akses untuk berkomunikasi.

3. Jasa Fotografi

Mengabadikan setiap momen dalam jepretan kamera menjadi kebiasaan hampir sebagian besar orang. Tatkala tidak sempat mengambil foto secara mandiri, maka tentu cara yang akan ditempuh adalah dengan menggunakan jasa seorang fotografer.

Ada banyak pilihan tema untuk foto, mulai acara pernikahan, wisuda, bahkan tema pemotretan untuk makanan. Modal yang Anda perlukan untuk menggeluti bisnis ini tentu adalah kamera serta kemampuan menangkap momen dan angle yang sesuai.

Bahkan sekarang ini mulai marak pemotretan virtual, yaitu pemotretan jarak jauh dikarenakan adanya pandemi. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak lagi calon pelanggan potensial di seluruh dunia.

4. Jasa Make Up Artist

Riasan wajah yang cantik bukan hanya untuk pernikahan saja, bahkan untuk keseharian pun banyak orang membutuhkan riasan yang sempurna. Untuk itulah kehadiran seorang make up artist atau ahli merias wajah sangat dibutuhkan.

Untuk bisa menjadi seorang make up artist, modal produk kecantikan yang lengkap saja tidak akan cukup. Ada banyak orang yang bisa memiliki alat make up mahal dan lengkap, tapi tidak bisa mengaplikasikannya dengan baik.

Selain menerima klien untuk make up, Anda juga dapat membuka kelas make up. Bukan hanya make up untuk kecantikan, make up karakter untuk teater maupun pertunjukan seni lainnya juga bisa menjadi alternatif.

5. Menjadi Youtuber

Anda tentu sudah tidak asing dengan nama seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, atau nama seperti Baim Wong dan Raffi Ahmad. Selain sebagai selebritis, nama-nama tersebut juga terkenal karena menjadi seorang youtuber dengan penghasilan yang terbilang besar.

Ada banyak hal yang bisa Anda unggah menjadi konten di youtube. Mulai dari vlog tentang wisata, kehidupan sehari-hari maupun tentang kecantikan. Bahkan channel yang memperdengarkan suara orang makan atau AMSR pun banyak yang memiliki subscriber hingga jutaan.

Memang butuh waktu untuk bisa dikenal dan mendapatkan uang dari usaha sampingan modal kecil semacam ini. Namun, dengan menghadirkan konten yang berkualitas, niscaya Anda pasti akan bisa meraih apa yang Anda inginkan.

Baca juga: Usaha Sampingan Anak Kuliah ini Untung Besar

6. Social Media Influencer

Hampir sama seperti youtuber, menjadi seorang social media influencer juga membutuhkan konten untuk diunggah. Biasanya platform yang sering dipilih adalah Instagram, atau yang sedang tren sekarang ini adalah tiktok.

Ketika akun Anda memiliki banyak follower, maka Anda bisa mendapatkan uang dari hasil endorse. Produsen barang dan jasa akan menghubungi Anda dan mengadakan kerja sama perihal produk yang mereka hasilkan.

Tarif untuk sekali tayang bermacam-macam, tentu semua tergantung dari banyaknya follower serta pengaruh Anda di jagad maya. Selain itu tentu juga tergantung dengan kesepakatan antara Anda dan produsen tersebut.

7. Aplikasi BebasBayar

Ada banyak contoh yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi fintech semacam ini, mulai dari membayar tagihan, membeli pulsa, hingga membeli tiket pesawat dan hotel. Selain mudah, Anda juga akan mendapatkan cashback yang lumayan.

Dengan kata lain, memesan lewat aplikasi semacam ini bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang perlu dipertimbangkan. Ketika teman, saudara atau kolega Anda membutuhkan tiket atau pulsa, Anda dapat menawarkan mereka jasa tersebut.

Jika Anda tertarik dengan bisnis daring semacam ini, Anda dapat mengunjungi BebasBayar.com dan mempelajari semua fitur yang tersedia. Aplikasi ini dijamin aman karena sudah mendapatkan legalitas hukum.

8. Berjualan Lewat Aplikasi

Setiap kali melongok ke berbagai akun media sosial, ada saja iklan tentang berjualan lewat aplikasi yang bermunculan. Anda mungkin juga pernah melihatnya melintas di linimasa Anda. Aplikasi ini pun menawarkan banyak kemudahan bagi Anda untuk menjadi anggotanya.

Selain aplikasi konvensional yang mengharuskan Anda mengunggah produk jualan Anda, ada beberapa aplikasi yang sistemnya adalah reseller dan dropshipper. Jadi ketika Anda mendaftar menjadi anggota, Anda tinggal menjualkan barang dan jasa yang ada di aplikasi tersebut.

Besar biaya untuk menjadi anggota pun bermacam-macam, tergantung dari paket yang Anda pilih. Biasanya bersama dengan paket tersebut juga terdapat program bimbingan untuk mengembangkan bisnis Anda lebih lanjut.

9. Berjualan Makanan Beku

Tren makanan dan gaya hidup akhir-akhir ini mulai mengalami perubahan. Dulu orang lebih suka berkumpul dan membeli makanan ke luar ketika bosan dengan masakan rumah. Namun dengan kemudahan teknologi dan juga adanya situasi pandemi, orang jadi lebih suka makan di rumah saja.

Solusi ketika membutuhkan makanan tetapi malas memasak adalah dengan memesan makanan atau mengambil stok makanan siap saji yang tinggal dipanaskan. Pilihan kedua ini biasanya lebih banyak peminatnya karena lebih cepat daripada menunggu makanan diantar.

Dengan demikian, usaha makanan beku bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang menguntungkan. Makanan seperti nugget hingga paket lengkap semacam bakso bisa dikaryakan. Bahkan restoran terkenal pun sekarang mulai berpikir mengemas masakan mereka seperti ini.

10. Beternak Ikan Hias

Laju kehidupan masyarakat modern semakin lama menjadi semakin cepat. Untuk mengimbangi agar tidak tertinggal, banyak orang menjadi tertekan dan membutuhkan hiburan. Salah satu cara mengembalikan suasana hati adalah dengan menekuni hobi.

Dari sekian banyak hobi, memelihara ikan hias masih menjadi salah satu yang terpopuler. Ikan seperti guppy, koi hingga ikan besar semacam arwana masih banyak dilirik para penghobi. Hal inilah yang lantas menjadi ide bagi sebagian orang untuk membuka usaha ternak ikan hias.

Anda pun dapat mencoba untuk mengembangkan bisnis semacam ini. Bagi pemula, Anda dapat lebih dulu bergabung dengan komunitas pecinta dan peternak ikan hias untuk mendapatkan ilmu dan dukungan usaha.

11. Reseller Buku

Untuk mendongkrak omset, banyak penerbit buku yang memberlakukan sistem reseller bagi siapa saja yang tertarik menjualkan buku produksi mereka. Biasanya para reseller akan mendapatkan potongan diskon yang besarnya beragam.

Kehadiran para reseller buku ini memang didorong oleh pihak penerbitan. Pasalnya harga buku yang dipasarkan lewat reseller bisa lebih murah dibandingkan di toko buku, hal ini terkait dari pihak penerbit yang tidak perlu membayar biaya sewa display di toko buku.

Selain itu para pembeli dan penikmat buku juga jadi mendapatkan keuntungan lainnya selain harga murh, yaitu terkait ongkos kirim. Dengan adanya reseller buku di daerah mereka, maka bisa menekan biaya ekspedisi.

12. Berjualan Produk Digital

Anda mungkin sering melihat orang-orang yang menawarkan jasa perpanjangan aplikasi streaming berbayar, hal inilah yang dinamakan dengan produk digital. Tidak bisa dipungkiri memang sekarang ini semua hal sudah mulai beranjak ke bentuk digital.

Mendengarkan musik, menonton serial dan masih banyak lagi, bisa dinikmati melalui layanan streaming. Namun terkadang ada sebagian orang yang malas untuk memperpanjang layanan karena syarat yang cukup rumit.

Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh para penjual akses digital. Layanan yang ditawarkan beragam berdasarkan paket yang disediakan oleh provider. Selain layanan streaming, Anda dapat menjual link e-book maupun video tutorial yang tentunya legal yang tidak diperjualbelikan secara offline.

13. Kelas Menulis

Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis, baik itu fiksi maupun nonfiksi, Anda dapat membuka kelas kepenulisan. Sistem pelaksanaannya bisa secara online maupun offline, begitu pula dengan materi yang akan Anda berikan.

Anda dapat menggandeng penerbit ternama maupun bersama dengan rekan penulis yang lainnya. Kegiatan semacam ini cukup menarik untuk dijadikan usaha sampingan karena banyak orang yang ingin belajar menulis tetapi tidak ada akses.

Anda dapat menawarkan konsep pembelajaran ini di komunitas menulis. Selain kelas dengan beberapa kali pertemuan, Anda juga dapat membuat konsep sekali pertemuan saja namun dilengkapi dengan alat pembelajaran yang bisa diunduh secara online untuk belajar mandiri.

Membuka usaha sampingan modal kecil bukanlah suatu kemustahilan. Sesuatu yang kecil ketika dikerjakan dengan sungguh-sungguh maka bisa jadi membawa hasil yang besar. Semua itu tergantung cara Anda mengurus dan mempromosikan bisnis Anda.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply