Cara Cek Pembayaran BPJS Melalui Website dan Handphone

 

BebasBayar – BPJS Kesehatan merupakan suatu program pemerintah untuk memberikan layanan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Untuk dapat mengecek tagihan BPJS Kesehatan Mandiri sangatlah mudah. Pengecekan itu sendiri dapat dilakukan melalui website resmi BPJS ataupun melalui Smartphone anda dengan mendownload aplikasinya terlebih dahulu.

Tidak hanya dapat digunakan untuk mengecek tagihan saja, tetapi juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah BPJS yang anda miliki tersebut masih aktif atau tidak. Berikut adalah cara cek pembayaran BPJS melalui website dan handphone :

Cek tagihan melalui website :

  1. Pertama masukan alamat website https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ untuk melihat informasi tagihan pembayaran BPJS anda.
  2. Masukan nomor kartu BPJS anda pada kolom No. Kartu sebanyak 13 digit.
  3. Masukan tanggal lahir pada kolom Tgl. Lahir.
  4. Masukan angka validasi yang sudah tertera di halaman web pada kolom Angka validasi.
  5. Jika semua data yang sudah dimasukan benar, maka akan muncul beberapa informasi mengenai nama peserta, nomor peserta, total tagihan, denda, nominal pembayaran, tanggal pembayaran terakhir, dan saldo.

Cara pengecekan yang dilakukan tersebut pun dapat membantu anda mengetahui pembayaran tagihan BPJS kesehatan sudah tercatat atau belum. Jika memang sudah melakukan pembayaran maka akan muncul nominal pembayaran beserta tanggal pembayaran tersebut.

Cek tagihan melalui handphone :

Untuk peserta BPJS yang tergabung dalam satu kartu keluarga biasanya dapat mengecek tagihan BPJS melalui SMS, namun cara tersebut kadang kurang efektif karena respon SMS lama bahkan terkadang tidak ada balasan sama sekali. Maka dari itu mengecek tagihan melalui Aplikasi pada handphone menjadi salah satu solusi termudah dan dapat dilakukan dengan cara seperti berikut :

  1. Menginstal aplikasi JKN KIS yang merupakan aplikasi BPJS.
  2. Lakukan pendaftaran menggunakan email yang masih aktif.
  3. Setelah berhasil terdaftar, log in dan buka aplikasinya.
  4. Pilih menu Tagihan, kemudian pilih Premi.
  5. Selanjutnya akan muncul jumlah tagihan dari semua peserta BPJS yang tergabung dan total yang harus dibayar.

Jika anda lupa no peserta BPJS anda, anda bisa langsung menanyakannya pada call center BPJS, ataupun akun social media BPJS lainnya. Dengan cara menyebutkan NIK, Nama, dan Tanggal lahir.

Untuk pembayaran BPJS itu sendiri selain dengan anda melakukan pembayaran melalui bank atau ATM anda juga dapat melakukan pembayaran melalui BebasBayar. BebasBayar merupakan sebuah alternatif yang dapat memudahkan anda dalam melakukan beberapa pembayaran tagihan.

Seperti pembayaran tagihan PDAM, Pulsa, Telpon, dan masih banyak hal lainnya. Melalui BebasBayar anda juga dapat membayar tagihan BPJS dengan mudah. Hal ini tentunya membuat anda menjadi lebih mudah dalam melakukan pembayaran karena dapat mempersingkat waktu anda dan dapat anda lakukan dimana saja.

BebasBayar juga merupakan fitur pembayaran online yang menyediakan layanan gratis atau tidak perlu membayar biaya registrasi. Menyediakan promo setiap minggunya, cashback setiap anda melakukan transaksi pembayaran, serta anda pun dapat melakukan pembayaran cukup dengan mengirim SMS saja.

Melakukan pembayaran tagihan melalui BebasBayar ini memang mudah dan mendapat beberapa keuntungan. Maka dari itu pembayaran melalui BebasBayar sangat dianjurkan bagi anda. Penggunaan fitur BebasBayar juga sangatlah mudah, anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah-langkah yang akan dijelaskan sebagai berikut :

  1. Pertama anda bisa melakukan daftar secara Gratis melalui website BebasBayar.com atau anda juga bisa menginstal aplikasi BebasBayar.
  2. Log in akun anda melalui website BebasBayar atau melalui aplikasi yang sudah anda install.
  3. Pilihlah menu BPJS Kesehatan
  4. Masukan ID BPJS atau No. Kartu BPJS anda pada kolom yang sudah tersedia.
  5. Masukan jumlah bulan.
  6. Anda harus pastikan jika saldo BebasBayar anda mencukupi untuk pembayaran BPJS Kesehatan yang akan anda lakukan.
  7. Setelah melakukan tahap-tahap diatas, jika pembayaran berhasil akan muncul bukti pembayaran BPJS Kesehatan yang sudah anda lakukan dan anda dapat mencetak bukti pembayaran tersebut.

Demikianlah kiranya beberapa penjelasan tentang cara cek pembayaran BPJS melalui website dan handphone.

Tinggalkan Komentar Disini..

About Author

Aditiya Sulistiawan

Lebih dari 3 tahun menjadi keluarga di BebasBayar. Menjadi penulis tetap di Blog Bebasbayar sejak gabung pertama di Bebasbayar.

Leave a Reply