Cek Tagihan PDAM Surabaya Terbaru [2019]

 

BebasBayar —  Mengingat tingkat kebutuhan yang makin melonjak, kebutuhan akan air bersih pun semakin diperhatikan. Sekarang, kamu tak perlu khawatir lagi, sebab pembayaran tagihan Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM khususnya di Surabaya bisa dilakukan secara online. So, kamu gak perlu lagi datang dan antre di kantor PDAM Surabaya.

Cara super simpel ini bisa kamu lakukan via aplikasi BebasBayar. Bayar tagihan PDAM Surya Sembada Surabaya melalui aplikasi BebasBayar selain cukup menghemat waktu, kamu juga bisa menyelesaikan pembayaran hanya dalam hitungan detik. Lebih dari itu loh, kamu bisa memilih beragam metode pembayaran, baik melalui Alfamart, Indomaret, atau Transfer Bank.

Lewat aplikasi BebasBayar, kamu tidak hanya bisa membayar tagihan air PDAM, namun kamu juga bisa melakukan pembayaran pajak, BPJS, listrik PLN, tagihan Telkom, dan masih banyak pembayaran produk digital lainnya. Bahkan, kamu bisa menikmati promo di periode-periode tertentu serta cashback.

Sejarah PDAM Surabaya

Sebagai peninggalan zaman Belanda, Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya atau yang biasa lebih dikenal dengan PDAM Surabaya telah disahkan dengan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Timur, tanggal 06 Nopember 1976 No. II/155/76.

Perkembang PDAM Surabaya dimulai pada tahun 1890. Kala itu PDAM Surabaya menjadi penyedia air minum pertama di Kota Surabaya yang airnya diambil dari sumber desa Purut di Kabupaten Pasuruan dan distribusikan menggunakan Kereta Api.

Hingga hari ini, PDAM Surabaya terus berkembang agar tetap menjadi penyedia air minum yang memenuhi syarat-syarat kesehatan.

VIsi PDAM Surabaya, yaitu ‘Tersedianya air minum yang cukup bagi pelanggan melalui perusahaan air minum yang mandiri, berwawasan global, dan terbaik di Indonesia.”

Selain itu, Misi PDAM Surabaya adalah; Memberi pelayanan prima bagi pelanggan dan berkelanjutan bagi pemangku kepentingan; Melakukan usaha lain bagi kemajuan perusahaan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, dan poin-poin ini yang menjadi acuan dasar PDAM Surabaya untuk tetap menjaga kualitasnya.

Alamat Kantor PDAM Surabaya

  • Jl. Mayjend Prof. Dr. Moestopo 2 Surabaya 6013
  • Office Phone: +6231 5039373
  • Faximile: +6231 5030100
  • Call Center: +6231 2926666
  • Call Center: 0800 192 6666 (bebas pulsa)
  • SMS 08123316666
  • e-mail: humas@pdam-sby.go.id
  • Twitter : @pdamsurabaya
  • Alamat website PDAM Surabaya Online : http://www.pdam-sby.go.id

Cara Berlangganan Air PDAM Surabaya

Berikut ini adalah prosedur berlangganan Air PDAM Surabaya:

  • Calon pelanggan baru bisa mendatangi ke kantor PDAM Surabaya terdekat dengan membawa persyaratan dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP / SIM sebanyak 2 (dua) lembar.
  • Mengisi formulir permohonan untuk menjadi pelanggan PDAM Surabaya serta membayar biaya pendaftaran (bila ada). Petugas dari PDAM akan mendatangi ke rumah kamu untuk melakukan survei pemasangan.
  • Jika perencanaan anggaran biaya pemasangan telah selesai, pihak PDAM Surabaya akan memanggil calon pelanggan untuk menyetujuinya.
  • Petugas teknis PDAM Surabaya akan datang ke lokasi untuk melaksanakan pemasangan pipa air minum dalam kurun waktu kurang lebih 15 hari kerja. Setelah pembayaran diselesaikan, Air PDAM Surabaya akan langsung mengalir dan bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari.

Prosedur pemasangan atau pendaftaran PDAM di atas bisa berbeda-berbeda tergantung kebijakan kantor PDAM setempat.

Cara Cek Tagihan PDAM Surabaya Online

Untuk mengecek tagihan atau bayar PDAM Surabaya secara online, kamu dapat melakukannya di BebasBayar dengan panduan sebagai berikut:

  • Masuk ke aplikasi BebasBayar dan pilih layanan PDAM.
  • Pilih Kota Surabaya sebagai tempat kamu berlangganan PDAM.
  • Masukkan nomor meter atau nomor pelanggan.
  • Klik tombol “Lanjutkan”.
  • Jika nomor pelanggan yang kamu masukkan benar, maka akan muncul rincian tagihan rekening air PDAM kamu secara lengkap.
  • Tinggal “Bayar” deh, kalau mau bayar saat itu juga.

Cek tagihan PDAM Surabaya online juga bisa kamu lakukan melalui situs resmi PDAM Surabaya.

Frequently Asked Questions (F.A.Q)

Q : Berapa Tarif Air PDAM Surabaya?

Untuk cek tagihan PDAM Surabaya, silakan langsung kunjungi website resmi PDAM Surabaya disini untuk menggunakan simulasi penghitungan tarif karena tarif air akan sangat tergantung kepada lebar jalan, daya listrik, Nilai Jual Objek Pajak (NJOP),dan luas bangunan.

Q : Kapan Saya Bisa Membayar Tagihan PDAM Surabaya?

Pembayaran tagihan PDAM Surabaya di BebasBayar dapat Anda lakukan kapan saja setelah tagihan dikeluarkan oleh pihak PDAM Surabaya. Walaupun demikian, beberapa daerah mungkin memberlakukan aturan tertentu mengenai waktu pembayaran. Untuk informasi lebih lengkap, silakan lihat syarat dan ketentuan pembayaran tagihan PDAM.

Q : Apakah Saya Bisa Membayar PDAM Surabaya pada Hari Sabtu, Minggu atau Tanggal Merah?

Tak perlu khawatir, Anda dapat membayar tagihan PDAM Surabaya di BebasBayar kapan saja termasuk pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Namun perlu diketahui, beberapa PDAM mungkin akan melakukan verifikasi pada hari kerja berikutnya.

Nah itulah panduan lengkap seputar cek dan bayar tagihan PDAM Surabaya. Semoga bermanfaat dan air kamu mengalir dengan jernih.

Tinggalkan Komentar Disini..

About Author

Mas Halfi

Leave a Reply