Contoh Usaha Rumahan Modal Kecil Untuk Semua Kalangan

Salah satu ukuran sukses sebuah usaha bisa terlihat dari seberapa laku produk atau jasa yang Anda jual. Anda bisa memulainya dari usaha rumahan dengan modal pas-pasan. Banyak contoh usaha rumahan yang bisa Anda rintis dari sekarang. Anda hanya perlu fokus dan telaten menjalankannya.

Ini Contoh Usaha Rumahan Modal Kecil

Ini Contoh Usaha Rumahan Modal Kecil

1. Jualan Kebutuhan Pokok

Jualan kebutuhan pokok menjadi salah satu contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil. jika belum memiliki lahan untuk membuat toko kecil depan rumah, Anda bisa menggunakan ruang tamu atau teras sebagai tempat jualan.

Lengkapi semua barang jualan Anda seperti beras, gula, kopi, telur, aneka jajan dan sebagainya. Meskipun penghasilan yang didapatkan setiap hari tidak menentu, usaha Anda tetap bisa berkembang dan menjadi besar jika dilakukan dengan sepenuh hati dan pikiran positif

Pelajari administrasi pengelolaan usaha dan pastikan untuk mencatat semua transaksi dengan rapi. Anda juga harus memisahkan antara uang pribadi dan jualan. Jika diperlukan, gunakan aplikasi pencatatan jualan di hp Anda agar lebih mudah.

2. Membuka Warung Makan

Makanan menjadi kebutuhan pokok manusia yang harus selalu ada. Membuka warung makan bisa menjadi alternatif usaha rumahan yang menjanjikan dan bisa dilakukan oleh semua kalangan, termasuk ibu rumah tangga.

Untuk para pemula, Anda bisa memulai usaha kecil warung makan dengan berjualan aneka sayur di depan rumah. Berikan pilihan menu yang beragam baik sayur maupun lauknya. Jika sudah mulai berkembang, Anda bisa membuka warung sendiri yang lokasinya tidak jauh dari tempat awal.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka warung makan kecil-kecilan sekitar Rp 500.000,- saja. keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha ini bisa mencapai 30% hingga 90%. Sangat menguntungkan bukan?

3. Jasa Laundry

Aneka usaha rumahan bisa Anda coba sesuai passion yang dimiliki. Bagi Anda yang ingin menghasilkan pundi-pundi rupiah dari kegiatan cuci-mencuci, bisa membuka jasa laundry kiloan di daerah tempat tinggal Anda.

Bisnis ini terlihat sepele, namun dibutuhkan konsistensi dan manajemen yang baik. Anda juga dituntut untuk memberikan pelayanan prima untuk setiap pelanggan. Omset jasa laundry setiap bulannya bisa mencapai jutaan rupiah.

4. Usaha Konveksi

Konveksi rumahan adalah salah satu ide bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan besar. Produk yang dihasilkan dari usaha konveksi ada berbagai macam, misalnya tas, mukena, baju muslim, peci dan sebagainya.

Usaha konveksi bisa dirintis dari memanfaatkan tenaga penjahit masyarakat sekitar. Selain bertujuan mendapatkan keuntungan, secara tidak langsung Anda juga berperan meningkatkan perekonomian lingkungan dan warga sekitar.

5. Agen Pembayaran (Online)

Kecanggihan teknologi yang semakin meningkat membuat semua transaksi pembayaran dilakukan secara online. Membuka usaha agen pembayaran online bisa menjadi pilihan usaha kecil rumahan Anda, khususnya di daerah pinggiran atau desa.

Biasanya, masyarakat pedesaan akan menempuh jarak yang cukup jauh untuk menjangkau kota. Sedangkan, jika membuka usaha ini, tetangga Anda tidak perlu repot ke kota untuk sekedar membeli token listrik.

6. Jasa Antar Jemput Anak

Ingin memiliki usaha tanpa modal? Salah satu pilihan yang tepat adalah jasa antar jemput anak. Anda bisa melakukan pekerjaan ini hanya dengan kendaraan yang sudah Anda miliki sebelumnya. Anda tidak memerlukan modal uang tetapi modal tenaga.

Jasa antar jemput anak sangat cocok untuk daerah perkotaan atau lingkungan rumah yang masyarakat sekitarnya bekerja sebagai pegawai dan super sibuk. Pemasaran jasa Anda bisa melalui media sosial atau promosi mulut ke mulut para tetangga.

Tarif dari jasa antar anak mulai dari 50 ribu per hari. Jika Anda sudah memahami bagaimana bisnis ini harus dijalankan, Anda bisa merekrut orang-orang untuk bergabung. Biasanya sebagai pemilik usaha, fasilitas kendaraan harus Anda sediakan sendiri.

7. Usaha Pertamini

Usaha kecil rumahan yang saat ini mulai banyak diminati masyarakat Indonesia adalah membuka pom bensin mini atau pertamini. Usaha ini bisa berasal dari pihak swasta maupun pihak resmi pertamina.

Untuk stok bahan bakar, Anda bisa membelinya di SPBU terdekat dengan membawa surat izin usaha. Modal untuk usaha pertamini mulai dari 5 juta rupiah dengan garansi 1 tahun. Modal yang tidak terlalu besar bukan?

Harga jual untuk bahan bakar di pertamini biasanya selisih 500 atau 1000 rupiah dari harga SPBU. Usaha pertamini berpeluang besar untuk menambah penghasilan Anda dirumah, apalagi keadaan ekonomi saat ini sedang surut karena pandemi korona.

8. Membuat Pesanan Kue Kering

Usaha dengan modal kecil untung besar yang bisa Anda coba adalah membuat pesanan kue kering. Usaha ini bisa dilakukan secara individu atau berkelompok. Pesanan kue kering biasanya akan meningkat saat menjelang lebaran idul fitri.

Anda harus menyediakan banyak varian kue kering, misalnya kue kacang, mawar, salju, nastar dan sejenisnya. Untuk membuat konsumen lebih tertarik, buatlah kemasan kue yang unik dan cantik. Sertakan kartu ucapan terimakasih dan merk dari produk Anda.

Baca juga: Ini Usaha Kreatif Rumahan yang bisa Anda jalankan

9. Usaha Kolam Pemancingan

Bagi Anda yang memiliki lahan luas di belakang rumah atau samping, bisa dimanfaatkan sebagai tempat usaha, misalnya kolam pemancingan.  Jenis usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar jika Anda tinggal di wilayah desa atau pinggiran.

sistem pembayaran untuk pengunjung bisa menggunakan 2 cara yaitu tarif per jam dan tarif sesuai berat ikan yang diperoleh. Beberapa kolam pemancingan hanya menyediakan tempat saja, sedangkan sebagian lainnya menyediakan peralatan lengkap.

Beberapa contoh usaha rumahan diatas hanyalah sebagian kecil dari ide bisnis menjanjikan. Masih ada peluang bisnis rumahan lainnya seperti jasa pengetikan, jualan barang bekas hingga investasi barang berharga. Apapun usaha yang Anda pilih lakukan dengan sungguh-sungguh agar visi segera tercapai.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Ramah, penyabar dan baik hati.

Leave a Reply