Daftar Peluang Usaha yang Menjanjikan di Kampung

Kini, berbisnis tidak harus dilakukan di daerah perkotaan saja karena peluang usaha atau bisnis apapun juga bisa dilakukan di desa atau wilayah pedesaan. Ada banyak peluang usaha yang menjanjikan di kampung yang bisa Anda pilih.

Apalagi jika orang yang mau berbisnis tersebut memang memiliki jiwa yang kreatif dalam berusaha/berbisnis. Lokasi apapun baik di kampung atau di kota tak akan menjadi penghalang. Tinggal di desa dan ingin memulai usaha juga tetap bisa menjadi salah satu peluang yang menguntungkan.

Jenis-jenis Peluang Usaha yang Menjanjikan di Kampung atau Desa

Jenis-jenis Peluang Usaha yang Menjanjikan di Kampung atau Desa

Dalam menciptakan suatu usaha/bisnis yang dilakukan di pedesaan, Anda bisa memerhatikan dahulu bagaimana kondisi pedesaan itu dan apa saja yang bisa dilakukan di sana. Berikut ini beberapa jenis peluang usaha yang menjanjikan di kampung untuk wilayah yang potensial :

1. Budidaya Belut

Budidaya atau ternak binatang juga bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan sekaligus menguntungkan. Salah satunyanya adalah budidaya belut, yang cukup dengan menggunakan media sederhana saja yaitu drum.

2. Beternak Lele

Anda juga bisa memilih lele untuk dibudidayakan. Namun Anda harus memilih bibit lele yang bagus, unggul dan berkualitas untuk menghasilkan lele yang juga berkualitas. Anda bisa memulainya dengan fokus memelihara induknya agar mereka bisa bertelur dalam jumlah banyak.

Berikan makanan khusus untuk para induk itu, misalnya cacing sutera dengan ukuran tertentu. Jika hasilnya bagus maka peternak lele lainnya akan datang ke tempat Anda kemudian membelinya. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan lele untuk dibesarkan dan bisa dikonsumsi.

Hasil ternak lele ini mudah dijual dan bisa menjadi salah satu menu makanan yang cukup bergizi.

3. Beternak Ayam Kampung

Kualitas nutrisi dan juga keamanan konsumsinya bagi tubuh yang terdapat pada ayam kampung membuat kebutuhan akan ayam kampung menjadi semakin meningkat. Tak heran jika banyak juga orang desa yang mulai beternak ayam kampung dan menjadi usaha yang sukses.

Ayam yang Anda pelihara itu nanti akan terus beranak dan menghasilkan ayam-ayam yang berkualitas, sehingga bisa dijual ke daerah perkotaan. Namun, ternak ayam kampung ini memang membutuhkan modal yang cukup besar serta lahan yang luas.

Kebanyakan orang-orang desa yang memiliki keahlian dalam beternak saja yang mampu mengembangkan usaha ini hingga sukses, tetapi Anda juga bisa mencobanya jika dilakukan dengan langkah yang tepat.

4. Menanam Sayur dan Buah

Jenis peluang usaha yang menjanjikan di kampung yang lainnya yang juga bisa Anda pilih adalah, menanam berbagai jenis sayur dan buah-buahan. Anda bisa menggunakan metode bertanam yang higienis seperti misalnya menggunakan metode hidroponik.

Hasil dari cara bertanam yang higienis ini memiliki peluang keuntungan yang lebih besar, karena biasanya hasilnya jauh lebih baik dibanding dengan cara bertanam biasa.

Baca juga: Ini Daftar peluang usaha kecil yang menjanjikan

5. Menjual Pupuk dalam Kemasan

Biasanya di beberapa desa tertentu, kotoran hewan bisa diperoleh dengan mudah karena banyak juga penduduk yang memelihara hewan-hewan ternak. Hal ini bisa menjadi peluang usaha yang cocok dan menguntungkan.

Kotoran hewan-hewan ternak tersebut bisa Anda olah kembali kemudian dijual secara kemasan, setelah sebelum difermentasi terlebih dahulu. Jenis usaha ini juga menjadi salah satu usaha paling sukses di kampung/desa dengan pengolahan dan pemasaran yang tepat.

Masih banyak lagi peluang usaha yang menjanjikan di kampung yang bisa Anda coba, tetapi sebelumnya Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai usaha/bisnis yang akan dipilih dan berapa prosentase kesuksesan dari usaha tersebut.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Avatar
Ahid

Life is a first draft... with NO rewrite.

Leave a Reply