Piala Presiden Esports, Kompetisi Game Terbesar di Indonesia

 

BebasBayar – Bersama IESPL, Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMENKOMINFO) berkolaborasi untuk menyelenggarakan Piala Presiden Esports 2019.

Konferensi pers yang disampaikan di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, BEKRAF, KEMENPORA, KSP, KEMENKOMINFO, dan IESPL secara resmi membuka Piala Presiden Esports 2019 pada hari Senin (28/1).

Seperti namanya, ajang ini digelar sesuai harapan Presiden Joko Widodo, akan perkembangan esports di Indonesia. Melalui kompetisi gamer terbesar di Indonesia ini, Presiden Jokowi berharap Indonesia memiliki atlet unggul di bidang esports.

“Setelah gelaran Asian Games 2018, Pak Jokowi menaruh perhatian besar pada esports dan melihat adanya potensi besar dari industri ini demi kemajuan Indonesia,” ujar Kepala Staf Kepresidenan, Dr. Moeldoko, mewakili harapan Pak Jokowi.

Piala Presiden Esports 2019 akan diadakan di sejumlah wilayah dengan Mobile Legends sebagai game tunggal. Turnamen esport diadakan sebagai upaya aktif pemerintah untuk mencari atlet esports di penjuru negeri guna dipersiapkan ke kancah internasional.

“Mayoritas gamers merupakan para pemuda dan pemudi Indonesia. Lebih jauh lagi, esports kini tengah dilirik untuk memasuki kompetisi olahraga tingkat dunia. Kami berharap Piala Presiden Esports bisa menjadi wadah dalam mengembangkan ekosistem esports Indonesia,” ujar Imam Nahrawi.

Rudiantara selaku KEMENKOMINFO menyampaikan, turnamen ini bisa membuka jalan bagi Indonesia untuk berprestasi di bidang esports. Khususnya menghadapi kompetisi internasional seperti Asian Games 2022.

“Kita memiliki 43 juta gamers di Indonesia. Namun, skill saja tidak cukup bila tak didukung oleh segenap masyarakat,” ujar Menteri Rudiantara.

Sebagai skena baru di dunia olahraga, IESPL sebagai organisasi liga esports perdana di Indonesia pun digandeng BEKRAF dan KEMENPORA untuk mensukseskan kompetisi akbar ini. Giring Ganesha, Presiden IESPL, menjelaskan bahwa ia terinspirasi dari harapan Pak Jokowi akan kemajuan esports Indonesia.

“Sejalan dengan semangat membesarkan skena esports Indonesia, Piala Presiden diharapkan mampu menemukan dan membina para atlet berprestasi agar bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia,” ujar Giring.

Tertarik untuk mengikuti turnamen ini? Silahkan kunjungi situr resmi IESPL atau ke akun @pialapresidenesports

Tinggalkan Komentar Disini..

About Author

Avatar
Mas Halfi

Leave a Reply