Lakukan Cara Transfer Uang Aman lewat ATM ini,  Agar Aman Bertransaksi

BebasBayarSeiring perkembangan zaman, pengiriman atau transfer uang tak lagi menjadi suatu hal yang sulit, benar kan sobat BebasBayar? Kemajuan teknologi untuk dunia perbankan telah membawa kemudahan untuk masyarakat dalam mengirim uang atau lebih dikenal dengan istilah transfer uang.

Jika pada zaman dahulu, orang yang men-transfer uang harus melalui jasa pengiriman konvensional atau melalui teller bank dengan antrean panjang, namun kini proses transfer uang menjadi sangat cepat bahkan hitungan detik pun bisa saja selesai.

Salah satu metode yang banyak digunakan yaitu melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) karena memberikan pengalaman transfer uang yang mudah, cepat, aman, dan dapat dilakukan kapan saja.

Sobat BebasBayar semua sudah tahu belum, bahwa saat ini terdapat 115 bank umum yang tersebar di seluruh Indonesia dan terdapat 106.328 mesin ATM yang berada di seluruh daerah, seperti yang disandur dari data Otoritas Jasa Keuangan (November 2017).

Lalu ada apa dengan transfer uang lewat ATM?

Nah ini dia, sebenarnya transfer uang melalui ATM memang sangat mudah, namun akan menjadi sulit bagi orang yang belum terbiasa. Masih banyak masyarakat di Indonesia yang masih enggan menggunakan ATM dengan alasan takut tertipu, takut tidak aman, caranya cukup membingungkan, dan masih banyak alasan lain.

Jadi mau kasih nasihat transaksi aman lewat ATM begitu?

Yap. Oleh karena itu, berikut ini ada panduan beserta tips ringan untuk sobat BebasBayar tentang cara transfer uang yang benar dan aman lewat ATM  agar sobat BebasBayar tidak mendapati kegagalan atau salah melakukan transfer uang.

Apa aja tuh langkah dan tips aman transfer uang lewat ATMnya?

Berikut langkah-langkah mudah transfer uang yang aman melalui ATM. Namun langkah-langkah transfer uang berikut ini menggunakan contoh ATM BRI, jika menggunakan ATM bank lain langkahnya kurang lebih serupa:

1. Masukkan Kartu ATM (misalkan ATM BRI) ke slot kartu mesin ATM

Pastikan saat memasukkan kartu ATM, posisi kartu benar dan tidak terbalik. Posisi yang benar yaitu bagian depan depan kartu diposisikan di atas, sedangkan bagian kartu dengan garis hitam diletakkan di bawah. Pastikan masukkan kartui dengan benar, sebab apabila salah posisi maka kartu tak akan terbaca oleh mesin ATM.

TIPS: Harap berhati-hati terhadap modus pencurian dana nasabah (skimming) melalui alat perekam data di ujung slot kartu. Caranya yaitu dengan memastikan bahwa tidak ada yang mencurigakan di slot mesin ATM, serta tidak ada sesuatu yang mengganjal atau tambahan alat saat memasukkan kartu ATM.

2. Pilih Jenis Bahasa: Pilih Bahasa Indonesia

3. Masukkan 6 digit nomor PIN ATMsobat BebasBayar dengan benar

TIPS: Selalu jaga keamanan dan kerahasiaan PIN. Pastikan tidak ada orang lain yang mengintip saat mengetikkan nomor PIN. Agar lebih aman, sebaiknya sobat BebasBayar menutup tombol dengan tangan kiri dan memasukkan pin dengan tangan kanan. Apabila memungkinkan, cobalah untuk mengganti PIN ATM sobat BebasBayar secara berkala agar lebih aman dan jangan pernah memberikan PIN ATM sobat BebasBayar kepada orang lain. Ingat, pihak bank tidak akan pernah meminta nomor PIN sobat BebasBayar secara langsung.


Baca juga:

Terkuak sudah Cara Transfer Uang Tanpa Melalui ATM. Ini Dia Caranya.

Aplikasi Android ini Bisa Bikin Transfer Uang Lebih Mudah

Mau Bagi-bagi THR? Ketahui Cara-cara Transfer Uang lewat HP Termudah ini!


  1. Pilih Jenis Transaksi: Pilih Transfer
  2. Pilih Bank Tujuan Transfer
  3. Pilih Bank (misal pilih BRI untuk transfer uang ke sesama rekening BRI)
  4. Masukkan nomor rekening BRI tujuan transfer sobat BebasBayar. Lalu pilih BENAR.

TIPS: Pastikan sobat BebasBayar mengecek kembali nomor rekening agar tidak terjadi salah transfer ke rekening lainnya.

  1. Pilih Bank Lain (untuk transfer uang ke bank lain)
  2. Masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan (Bank Lain).

TIPS: Daftar kode bank telah tersedia di layar mesin ATM. Pastikan sobat BebasBayar memasukkan kode bank dengan benar apabila sobat BebasBayar melakukan transfer ke rekening bank lain.


Jangan lupa bayar tagihan dan keperluan sobat BebasBayar semua dengan BebasBayar!

Bebasbayar | Aplikasi Pembayaran | Tagihan PLN | Token PLN | Tagihan PDAM | Transfer Uang | Tagihan BPJS | Pulsa | Paket Data Internet

Dengan BebasBayar, aplikasi paling praktis dan menguntungkan, sobat BebasBayar bisa dengan mudah melakukan berbagai pembelian pulsa serta paket internet, pengecekan dan pembayaran tagihan bulanan sobat BebasBayar, mulai dari BPJS Kesehatan, PDAM, listrik PLN pascabayar, token PLN prabayar, televisi berlangganan, pulsa, paket data internet hingga voucher game online!


  1. Pilih kode bank tujuan transfer yang diinginkan. Jika sudah ketemu, pilih ‘Lanjutkan’. Lalu, masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan (bank lain).
  2. Pilih ‘BENAR’untuk proses selanjutnya.
  3. Di layar ATM akan muncul: Masukkan nomor referensi (kosongkan bila tidak ada).
  4. Ketik kembali: Kode bank dan nomor rekening tujuan (Bank Lain)
  5. Lanjut pilih BENAR untuk proses selanjutnya
  6. Masukkan Jumlah Transfer
  7. Cek kembali jumlah uang yang akan sobat BebasBayarPastikan nominal angkanya sudah benar. Lalu pilih BENAR untuk proses selanjutnya.
  8. Transaksi akan di proses dan dalam hitungan detik, layar ATM menunjukkan Data Tujuan Transfer yang berupa keterangan Bank, nama, nomor rekening tujuan, dan jumlah uang transferan.
  9. Pilih Proses transfer:  Pilih Ya (Jika semuanya sudah benar) Pilih Tidak: (Jika ada yang salah)
  10. Menunggu konfirmasi selanjutnya.
  11. Lalu muncul keterangan: Transaksi sobat BebasBayarberhasil dilaksanakan. Ada opsi Transaksi Lagi?
  12. Pilih TIDAK jika sudah selesai. sobat BebasBayarakan menerima stuk transfer. Pilih YA jika ingin melakukan transaksi lain dengan mesin ATM.
  13. Selesai Transaksi, kartu ATM akan keluar dari mesin ATM.
  14. Pastikan selalu sobat BebasBayarmengambilnya kembali sebelum sobat BebasBayar meninggalkan lokasi ATM.

TIPS: Pastikan sobat BebasBayar mengecek sekeliling sobat BebasBayar sebelum meninggalkan ATM. Jangan pernah terburu-buru dan selalu berhati-hati. Pastikan barang tidak ada yang tertinggal dan uang yang sobat BebasBayar bawa aman tersimpan. Hal ini dikarenakan banyak terjadi penipuan hingga perampokan dengan sasaran orang yang baru saja keluar dari mesin ATM.

Nah, itu tadi langkah-langkah mudah melakukan transfer uang aman lewat ATM yang bisa sobat BebasBayar terapkan. Selalu berhati-hati dan selalu teliti, proses transfer uang melalui ATM tentu saja akan mudah dan menghemat waktu.

Tapi ada cara transfer yang lebih mudah lagi dan tetap aman, loh.

Serius ada cara transfer uang yang lebih mudah tapi juga aman?

Serius. Caranya yakni transfer uang menggunakan aplikasi BebasBayar.

Dari namanya saja sudah bisa ditebak pasti seru untuk bayar-bayar berbagai transaksi jadi lebih bebas. Aplikasi ini akan memudahkan sobat semua dalam berbagai transaksi seperti membayar tagihan listrik pascabayar, air, membeli pulsa, token listrik prabayar, transfer uang ke bank, bahkan untuk pembelian tiket.

Pakai BebasBayar, bisa transfer uang hingga ke 147 bank loh.

Ingin menikmati beragam layanan BebasBayar, seperti transfer uang dan bayar berbagai tagihan?

Caranya gampang, tinggal daftar aja jadi member BebasBayar.

Gratis 100% tanpa dipungut biaya apapun, kok.

Jangan Lupa di Bagikan ya!

About Author

Lisa Amalia
Lisa Amalia

Lebih dari 3 tahun menjadi keluarga di BebasBayar. Menjadi penulis tetap di Blog Bebasbayar sejak gabung pertama di Bebasbayar.

Leave a Reply